KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI
DASAR
PEMINATAN KELOMPOK MATEMATIKA DAN
ILMU-ILMU ALAM
SEKOLAH MENENGAH ATAS
BIOLOGI
KELAS
X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.
|
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup.
|
1.2.
|
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam
kemampuan mengamati bioproses.
|
||
1.3.
|
Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan
hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
|
||
2.
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif
dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1.
|
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin,
tanggung jawab, dan
peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam
setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
|
2.2.
|
Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja
saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di
lingkungan sekitar.
|
||
3.
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
3.1.
|
Memahami tentang ruang lingkup biologi
(permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan),
metode ilmiah dan prinsip keselamatan
kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.
|
Menganalisis data hasil obervasi tentang berbagai
tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia.
|
||
3.3.
|
Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan dengan
ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.
|
||
3.4.
|
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria
dan eubacteria berdasarkan
ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
|
||
3.5.
|
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum
kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan
sistematis.
|
||
3.6.
|
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdasarkan ciri-ciri dan cara
reproduksinya melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
|
||
3.7.
|
Menerapkan
prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan
pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya
dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
|
||
3.8.
|
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan
hewan ke dalam filum berdasarkan pengamatan anatomi dan morfologi serta
mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
|
||
3.9.
|
Menganalisis informasi/data dari berbagai sumber
tentang ekosistem dan semua interaksi yang berlangsung didalamnya.
|
||
3.10.
|
Menganalisis data perubahan lingkungan dan dampak
dari perubahan perubahan tersebut bagi kehidupan.
|
||
4.
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1.
|
Menyajikan data tentang objek dan permasalahan
biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode
ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam
bentuk laporan tertulis.
|
4.2.
|
Menyajikan hasil identifikasi usulan upaya
pelestarian keanekaragaman hayati
Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai
keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia yang dikomunikasikan dalam
berbagai bentuk media informasi.
|
||
4.3.
|
Menyajikan
data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek
kesehatan dalam bentuk model/charta.
|
||
4.4.
|
Menyajikan
data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria
dan eubacteria dalam kehidupan
berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis.
|
||
4.5.
|
Merencanakan
dan melaksanan pengamatan tentang ciri-ciri dan peran protista dalam
kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk model/charta/gambar.
|
||
4.6.
|
Menyajikan data hasil pengamatan ciri-ciri dan
peran jamur dalam kehidupan dan lingkungan
dalam bentuk laporan tertulis.
|
||
4.7.
|
Menyajikan
data tentang morfologi dan peran tumbuhan pada berbagai aspek kehidupan dalam
bentuk laporan tertulis.
|
||
4.8.
|
Menyajikan data tentang perbandingan kompleksitas
jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek kehidupan
dalam bentuk laporan tertulis.
|
||
4.9.
|
Mendesain bagan tentang interaksi antar komponen
ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam ekosistem dan
menyajikan hasilnya dalam berbagai bentuk media.
|
||
4.10.
|
Memecahkan masalah lingkungan dengan membuat
desain produk daur ulang limbah dan upaya pelestarian lingkungan.
|
KELAS:
XI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.
|
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang struktur dan fungsi sel,
jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
|
1.2.
|
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam
kemampuan mengamati bioproses.
|
||
1.3.
|
Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan
hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
|
||
2.
|
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1.
|
Berperilaku ilmiah: teliti,
tekun, jujur sesuai
data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan
peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam
setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
|
2.2.
|
Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja
saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di
lingkungan sekitar.
|
||
3.
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual,prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
3.1.
|
Memahami tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri
hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang
berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.
|
3.2
|
Menganalisis berbagai proses pada sel yang
meliputi: mekanisme transpor pada membran, difusi, osmosis, transpor aktif,
endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan sintesis protein sebagai dasar
pemahaman bioproses dalam sistem hidup.
|
||
3.3.
|
Menerapkan
konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi
organ pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.
|
||
3.4.
|
Menerapkan
konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ
pada hewan berdsarkan hasil pengamatan.
|
||
3.5.
|
Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dan
mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme gerak
serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem gerak manusia melalui
studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
||
3.6.
|
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya
sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi
yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur,
pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
||
3.7.
|
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan
bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan
fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi
literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
||
3.8.
|
Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dan
mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses
pernapasan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem respirasi
manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
||
3.9.
|
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem ekskresi dan mengaitkannya dengan proses ekskresi
sehingga dapat menjelaskan mekanisme serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem ekskresi manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi.
|
||
3.10.
|
Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan
mengaitkannya
dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon
dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi.
|
||
3.11.
|
Mengevaluasi
pemahaman diri tentang bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya
terhadap kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat.
|
||
3.12.
|
Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam proses reproduksi manusia
melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
||
3.13.
|
Menerapkan pemahaman tentang prinsip reproduksi
manusia untuk menanggulangi pertambahan penduduk melalui program keluarga berencana (KB) dan
peningkatan kualitas hidup SDM melaui pemberian ASI ekslusif.
|
||
3.14.
|
Mengaplikasikan pemahaman tentang prinsip-prinsip
sistem immun untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan kekebalan yang
dimilikinya melalui program immunisasi sehingga dapat terjaga proses
fisiologi di dalam tubuh.
|
||
4.
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
.
|
4.1.
|
Menyajikan model/charta/gambar/ yang
merepresentasikan pemahamannya tentang struktur dan fungsi sel sebagai unit
terkecil kehidupan.
|
4.2.
|
Membuat model proses dengan menggunakan berbagai
macam media melalui analisis hasil studi literatur, pengamatan mikroskopis,
percobaan, dan simulasi tentang bioproses yang berlangsung di dalam sel.
|
||
4.3.
|
Menyajikan data tentang struktur anatomi jaringan
pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan pemahaman
hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan terhadap bioproses
yang berlangsung pada tumbuhan.
|
||
4.4.
|
Menyajikan data tentang struktur anatomi jaringan
pada hewan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan pemahaman hubungan
antara struktur dan fungsi jaringan pada hewan terhadap bioproses yang
berlangsung pada hewan.
|
||
4.5.
|
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada
struktur dan fungsi jaringan gerak yang menyebabkan gangguan sistem gerak
manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
|
||
4.6.
|
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada
struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan
gangguan sistem peredaran darah manusia melalui berbagi bentuk media
presentasi.
|
||
4.7.
|
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada
struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan
gangguan sistem pencernaan manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
|
||
4.8.
|
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada
struktur dan fungsi jaringan organ pernapasan/respirasi yang menyebabkan gangguan sistem respirasi
manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
|
||
4.9.
|
Merencanakan dan melaksanakan pengamatan pengaruh
pencemaran udara dan mengolah informasi beberapa resiko negatif merokok pada
remaja untuk menentukan keputusan.
|
||
4.10.
|
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada
struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem ekskresi manusia
melalui berbagi bentuk media presentasi.
|
||
4.11.
|
Menyajikan
hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi saraf dan hormon
pada sistem koordinasi yang disebabkan oleh senyawa psikotropika yang
menyebabkan gangguan sistem koordinasi manusia dan melakukan kampanye anti
narkoba pada berbagai media.
|
||
4.12.
|
Melakukan kampanye antinarkoba melalui berbagai
bentuk media komunikasi baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.
|
||
4.13.
|
Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada
struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem reproduksi manusia
melalui berbagi bentuk media presentasi.
|
||
4.14.
|
Memecahkan masalah kepadatan penduduk dengan
menerapkan prinsip reproduksi manusia.
|
||
4.15.
|
Merencanakan dan melakukan kampanye tentang upaya
penanggulangan pertambahan penduduk dan peningkatan kualitas SDM melalui
program keluarga berencana (KB) dan pemberian ASI ekslusif dalam bentuk
poster dan spanduk.
|
||
4.16.
|
Menyajikan data jenis-jenis imunisasi (aktif dan
pasif) dan jenis penyakit yang dikendalikannya.
|
KELAS
XII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMETENSI
DASAR
|
||
1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.
|
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi DNA, gen dan kromosom dalam pembentukan dan pewarisan sifat serta
pengaturan proses pada mahluk hidup.
|
1.2.
|
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam
kemampuan mengamati bioproses.
|
||
1.3.
|
Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan
hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
|
||
2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1.
|
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin,
tanggung jawab, dan
peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam
setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
|
2.2.
|
Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja
saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di
lingkungan sekitar.
|
||
3.
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
3.1.
|
Menganalisis hubungan antara faktor internal dan
eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada Mahluk Hidup
berdasarkan hasil percobaan.
|
3.2.
|
Memahami peran enzim dalam proses metabolisme dan
menyajikan data tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan
studi literatur untuk memahami proses pembentukan energi pada makhluk hidup.
|
||
3.3.
|
Menganalisis keterkaitan antara struktur dan
fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat pada mahluk hidup
serta menerapkan prinsi-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan.
|
||
3.4.
|
Menganalisis proses pembelahan sel.
|
||
3.5.
|
Memahami pola-pola Hukum Mendel
|
||
3.6.
|
Memahami pola-pola hereditas pautan dan pindah
silang.
|
||
3.7.
|
Menganalisis hereditas pada manusia.
|
||
3.8.
|
Menganalisis peristiwa mutasi.
|
||
3.9.
|
Menganalisis tentang teori evolusi dan seleksi
alam dengan pandangan baru mengenai pembentukan spesies baru di bumi
berdasarkan studi literatur.
|
||
3.10.
|
Memahami tentang prinsip-prinsip bioteknologi yang
menerapkan bioproses dalam menghasilkan produk baru untuk meningkatkan
kesejahteraan manusia dalam berbagai aspek kehidupan.
|
||
4.
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.1
|
Merencanakan
dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses
pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan
menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar.
|
4.2.
|
Melaksanakan percobaan dan menyusun laporan hasil
percobaan tentang cara kerja enzim, fotosintesis, respirasi anaerob secara
tertulis dengan berbagai media.
|
||
4.3.
|
Membuat model untuk mensimulasi proses sintesis
protein serta peran DNA dan kromosom dalam proses pewarisan sifat.
|
||
4.4.
|
Menyajikan data hasil analisis pembelahan sel.
|
||
4.5.
|
Mengaitkan pola-pola Hukum Mendel dengan peristiwa
yang ditemukan sehari-hari.
|
||
4.6.
|
Mengevaluasi pola-pola hereditas pautan dan pindah
silang.
|
||
4.7.
|
Menyajikan data hereditas pada manusia.
|
||
4.8.
|
Menyajikan data proses mutasi.
|
||
4.9.
|
Mengevaluasi pemahaman diri tentang berbagai
pandangan mengenai evolusi makhluk
hidup dan menciptakan gagasan baru tentang kemungkinan-kemungkinan teori
evolusi berdasarkan pemahaman yang dimilikinya.
|
||
4.10.
|
Merencanakan dan melakukan percobaan dalam
penerapan prinsip-prinsip bioteknologi konvensional untuk menghasilkan produk
dan mengevaluasi produk yang dihasilkan serta prosedur yang dilaksanakan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar