SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)/ MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.2
Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai
wujud implementasi sikap dalam memilih penggunaan bahan kimia untuk menjaga
kesehatan diri dan lingkungan
2.4
Menunjukkan
penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi perilaku menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami konsep pengukuran
berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik
sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnyaperumusan satuan terstandar
(baku) dalam pengukuran
3.2
Mengidentifikasi ciri hidup dan
tak hidup dari benda-benda dan makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar
3.3
Memahami
prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai
bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan
benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati
3.4
Mendeskripsikan keragaman pada
sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta
komposisi bahan kimia utama penyusun sel
3.5
Memahami karakteristik zat,
serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk
kehidupan sehari-hari (misalnya pemisahan campuran)
3.6
Mengenal
konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi
energi dalam sel, metabolisme sel, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan
fotosintesis
3.7
Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor,dan penerapannya dalam
mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan serta dalam
kehidupan sehari-hari
3.8
Mendeskripsikan interaksi antar makhluk
hidup dan lingkungannya
3.9
Mendeskripsikan
pencemaran dan dampaknya bagi makhluk hidup
3.10
Mendeskripsikan
tentang penyebab terjadinya pemanasan global dan dampaknya bagi ekosistem
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi,dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menyajikan hasil
pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan
fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
4.2
Menyajikan hasil
analisis data observasi terhadap benda (makhluk) hidup dan tak hidup
4.3
Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda,
tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
4.4
Membuat dan
menyajikan poster tentang sel dan bagian-bagiannya
4.5
Melakukan
pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia
4.6
Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki proses fotosintesis
pada tumbuhan hijau
4.7
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan
suhu dan perubahan wujud benda
4.8
Melakukan penyelidikan terhadap karakteristik perambatan kalor secara konduksi,
konveksi, dan radiasi
4.9
Melakukan percobaan untuk menyelidiki respirasi pada hewan
4.10
Melakukanpengamatan dengan bantuan alat untuk menyelidiki struktur
mikro tumbuhan dan hewan
4.11
Melakukan
penyelidikan untuk menentukan sifat larutan yang ada di lingkungan sekitar
menggunakan indikator buatan maupun alami
4.12
Menyajikan hasil
observasi terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
4.13
Menyajikan data dan informasi tentang pemanasan global dan memberikan
usulan penanggulangan masalah
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.2
Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3
menunjukkan
penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi penghargaan pada orang yang menjual makanan sehat tanpa campuran
zat aditif yang berbahaya
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami
gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak, serta penerapannya pada gerak
makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
3.2
Mendeskripsikan kegunaan pesawat
sederhana dalam kehidupan sehari-hari serta pada sistem rangka manusia dan
hewan
3.3
Mendeskripsikan
tentang sifat material dan konsep gaya yang digunakan dalam konstruksi
bangunan, serta pengaruh material tertentu terhadap kesehatan manusia
3.4
Memahami
sifat fluida dan menerapkannya untuk menjelaskan transportasi darah dalam
sistem peredaran darah serta transportasi cairan pada tumbuhan, tekanan
osmosis, difusi pada peristiwa respirasi serta penerapan dalam kehidupan
sehari-hari
3.5
Memahami
konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam
sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
3.6
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan
penglihatan manusia, struktur mata pada hewan, dan prinsip kerja alat optik
3.7
Menjelaskan
keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai
pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut
3.8
Mendeskripsikan
sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem
peredaran darah, dan penggunaan energi makanan
3.9
Mengenal
konsep listrik statis, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada
sistem syaraf, kelistrikan pada jantung, kelistrikan tulang, dan hewan-hewan
yang mengandung listrik
3.10
Mendeskripsikan zat aditif
(alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam kemasan), dan
zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
3.11
Memahami
reproduksi pada tumbuhan, hewan, dan manusia, sifat keturunan, serta
kelangsungan makhluk hidup
3.12
Mendeskripsikan
penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
3.13
Memahami
struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta
kaitannya dengan keragaman batuan dan mineral di beberapa daerah
3.14 Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi,
bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi,
orbit, dan gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di
bumi
3.15 Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap
matahari serta menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana
matahari dan gerhana bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di
bumi
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Melakukan
penyelidikan tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang
pengaruh gaya terhadap gerak
3.2
Melakukan penyelidikan tentang
keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
4.2
Membuat proyek miniatur jembatan atau bangunan dengan memanfaatkan
konsep gaya
4.3
Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman
tertentu, gaya apung, kapilaritas, dan tekanan cairan pada ruang tertutup
4.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki transport cairan dalam batang
tumbuhan
4.5
Membuat laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada
cermin dan lensa
4.6
Melakukan percobaan untuk menyelidiki muatan listrik statis dan
interaksinya, serta sifat hantaran listrik bahan
4.7
Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
3.3
Melakukan
pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide
teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain
bangunan)
3.4
Melakukan
penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
4.8
Menyajikan data, informasi,
dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya
penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat
adiktif-psikotropika
4.9
Membuat laporan
tentang sumber daya alam berupa unsur atau senyawa kimia yang ada di
Indonesia
4.10 Menyajikan informasi berdasarkan pengolahan data
fenomena gempa bumi dan gunung api di Indonesia
4.11 Menyajikan laporan hasil pengamatan atau penelusuran
informasi tentang karakteristik komponen tata surya
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.2
Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap
kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3
Menunjukkan
perilaku hemat dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud sikap hemat dalam
menggunakan energi listrik
2.4
menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi penghargaan kepada orang yang menjaga kelestarian lingkungan
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
3.1
Mendeskripsikan
struktur rangka dan otot manusia, serta prinsip keseimbangan dan gaya statik
dalam menjalankan fungsinya pada berbagai kondisi
3.2
Menjelaskan
struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga
kesehatan diri
3.3
Mendeskripsikan
struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan
penyakit pada sistem reproduksi, dan
dampak negatif hubungan badan pranikah serta pencegahanya
3.4
Memahami konsep
atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan
karakteristikmaterial yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
3.5
Mendeskripsikan
karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber
energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam
menghemat energi listrik, serta serta
teknologi listrik yang digunakan dalam elektrokardiografi (EKG) dan alat
bantu pendengaran
3.6
Mendeskripsikan
konsep medan listrik, medan magnet, induksi elektromagnetik,dan penggunaannya
dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan listrik dan magnet dalam
pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
3.7
Mendeskripsikan cara kerja laser dan peralatan difraksi sinar-X serta
pemanfaatannya untuk perawatan kesehatan
3.8
Mengidentifikasi
proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemuliaan mahluk
hidup
3.9
Menyajikan data
dan laporan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia
melalui produksi pangan
3.10
Membedakan proses dan produk teknologi yang merusak lingkungan dan ramah
lingkungan
3.11
Memahami pentingnya tanah dan organisme yang hidup dalam tanah untuk
keberlanjutan kehidupan melalui pengamatan
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1
Menyajikan
tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat
gizi makanan dan perilaku sehari-hari
4.2
Membuat
peta pikiran (mapping mind) tentang
struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga
kesehatan diri
4.3
Menyajikan
hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular seksual
dan upaya pencegahannya
4.4
Melakukan
penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan
energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian
4.5
Membuat karya
sederhana yang memanfaatkan prinsipelektro-magnetik dan induksi
elektromagnetik
4.6
Melakukan
percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat mahluk hidup
4.7
Menyajikan data
dan laporan penerapan bio-teknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia
melalui produksi pangan
4.8
Menyajikan data dan informasi tentang proses dan produk teknologi yang
tidak merusak lingkungan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar