Jumat, 28 November 2014

RPP Teori Tentang Sel 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                   : 1 ( 1x pertemuan)
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran

Kompetensi Inti

KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 Kompetensi Dasar

3.1. Memahami  tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.

4.1. Menyajikan model/charta/gambar/ yang merepresentasikan pemahamannya tentang struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

Indikator
1.      Menjelaskan teori tentang sel.
2.      Menjelaskan komponen kimia penyusun sel.
3.      Mengetahui struktur dan fungsi bagian bagian sel.
4.      Mengetahui perbedan sel hewan dan sel tumbuhan.

A.  Tujuan
1.      Siswa dapat menjelaskan teori tentang sel.
2.      Siswa dapat menjelaskan komponen kimia penyususn sel.
3.      Siswa dapat Mengetahui struktur dan fungsi bagian-bagian sel.
4.      Siswa dapat Mengetahui perbedaan sel hewan dan sel tumbuha

B.  Materi pembelajaran

1.      Materi ajar
a)      Materi fakta
ü  Berbagai gambar/foto/video berbagai contok sel hewan dan sel tumbuhan.
ü  Berbagai contoh sel tumbuhan yang mudah di temukan seperti sel bawang merah, empelur singkong, dan hidrylla sp.
b)     Materi Konsep
ü  Pengertian sel
ü  Sejarah penemuan sel oleh para ahli.
ü  Manfaat mempelajari sel bagi kehidupan.
c)      Materi Prinsip
ü  Sel merupakan unit terkecil dari mahluk hidup
ü  Didalam sel terdapat organela yang terdiri dari nukleus, Ribosom, Sitoskeleton, Badan Golgi, Lisosom, Badan Mikro, Mitikondria, Silia/Flagel, Sentriol, Vakuola.
d)     Langkah Prosedur
ü  Langkah eksperimen pengamatan sel dapat dilakukan dengan mikroskop dengan preparat dari lingkungan sekitar, seperti daun Hydrilla sp, potongan bawang merah, dan Squamosa pipi.

C.    Metode Pembelajaran
1.      Inquiry / discovery
2.      Cooperatif Learning
3.      Kajian pustaka
4.      Diskusi
5.      Eskperimen
6.      Penugasan/ kerja kelompok

D.    Kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke 1 (2x40 menit)
Kegiatan Pembelajran
Waktu
Keterangan
A.  Kegiatn awal
1.      Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan kepada  siswa tentang sel.
2.      Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk sel tumbuhan dan sel hewan.
3.      Memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan siapakah orang yang menemukan sel pertama kali dan bagaimana cara ilmuan tersebut mengetahui sel?
4.      Guru mengaitkan materi dengan ayat alquran Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah (Al Mukminun:12)
5.      Menulis topik yang akan dipelajari yaitu sel
6.      Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar

15 menit
Tatap muka
B.  Kegiatan Inti
1.      Mengamati
Ø  Membaca literatur tentang komponen kimiawi penyusun sel, sebagai tugas kelompok dan mempresentasikan hasilnya  di depan kelas.
Ø  Membaca literature atau berbagai sumber tentang struktur sel prokariot, sel tumbuhan dan sel hewan dengan hasil pengamatan menggunakan mikroskop electron
2.      Menanya
Ø  Mengapa sel disebut sebagai unit struktural dan fungsional terkecil dari mahluk hidup?
Ø  Apa ada perbedaan antara sel-sel penyusun makhluk hidup?
Ø  Proses apa yang terjadi pada sel?
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Rasa ingin tahu, Komunikatif);
3.      Pengumpulan Data
Ø  Mengkaji  literatur tentang konsep sel sebagai unit terkecil , struktural dan fungsional dari mahluk hidup, yaitu : struktur/susunan sel, aktivitas sel , seperti transport trans membran, sintesa protein dalam hubungannya dengan pembentukan sifat struktural dan fungsional serta reproduksi dalam proses pertumbuhan dan perkembangan sel.
(nilai yang ditanamkan: Tanggung Jawab,)
4.       Mengomunikasikan
Ø  Menyusun rangkuman dari kegiatan kelompok yang telah dilakukan, dan mempersentasikan di depan kelas.


50 menit
Tatap muka
C.Kegiatan akhir
1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi sel sebagai unit terkecil dari mahluk hidup dan membedakan sel eurokariot dan prokariotik.
2.      Evaluasi
15 menit
Tatap muka








E.     Alat/Bahan/Sumber
1.      Buku biologi SMA kelas XI Arif Priadi, Yudistira Bab 1
2.      Berbagai bahan pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan
3.      LKS
F.     Penilaian
1.      Jenis/Teknik Peneliaian
ü  Observasi sikap, kognitif, dan psikomotor.
2. Instrumen Penilaian
ü  Penilaian Sikap dalam Kelompok.
ü  Penilaian Kognitif.
ü  Penilaian Psikomotor



Guru pamong Biologi                                                                         Guru Biologi


     Mislan                                                                                  Syahid Mujibur Rahman

Menegetahui
Ka. MA Al Muhsin

Eko Yulianto, S.Pd.I.









Lampiran 1
Soal evaluasi materi Sel
1.      Siapakah penemu sel pertama kali dan pada tahun berapa?
2.      Sel merupakan unit terkecil dari mahluk hidup. Mengapa dikatakan demikian?
3.      Sebutkan dan jelaskan komponen kimiawi sel !
4.      Jelaskan perbedaan sel prokariotik dan sel prokariotik !
5.      Sebutkan  perbedan sel hewan dan sel tumbuhan !


















Lampiran 2

INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF
Materi                          : Sel
Kelas   /Semester         : XI (Sebelas)/1
Hari /Tanggal              : Senin/ 11 agustus 2014

KD
Indikator
Jenis penilaian
No soal
Kunci jawaban
Skor per Item soal
nilai
1.1.       Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.

1.2.       Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.


1.3.       Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.


1. Menjelaskan teori tentang sel.






Essay tertulis
1-2
1.    Antonie van leeuwenhoeek (1632-1829)

10
10
2.    Karena sel merupakan penyusun dari tubuh mahluk hidup yang paling kecil, seperti bangunan yang disusun oleh batu bata.
15
15
3.    Menjelaskan komponen kimia penyusun sel.














Essay tertulis
3
*air = sel mengandung 85-95 air, air merupakan pelarutdan media difusi yang paling baik untuk proses metabolisme.
*Biomolekul = terbagi 2 mikro dan makromilekul.dapat sebagai enzim seperti protein, energi seperti karbohidrat
*mineral dan ion= penyusun daripada sel  seperti magnesium salah satu penyusun dinding sel tanaman yang menyebabkan sel menjadi utuh
35
35
4.    Mengetahui struktur dan fungsi bagian bagian sel




Essay tertulis
4
Sel prokariotik = tidak memiliki nukleus melainkan nekleolid (inti sel sederhana tanpa selaput inti)
Sel eukariotik = terdapat pengorganisasian yang jelas atau pemisah organel yang jelas
20
20
5. Mengetahui perbedan sel hewan dan sel tumbuhan.

Essay tertulis
5
Sel hewan tidak memiliki kloroplas dan vakuola sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki lisosom dan sentriol
20
20

Jumlah
100















Lampiran 3

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP DALAM KELOMPOK
Materi                       : Sel
Kelas/Semester         : XI (Sebelas)/I
Hari/Tanggal             : Senin/ 11 Agustus 2014
No
Nama
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Disiplin
Tanggung Jawab
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai Pendapat
1








2








3








4








5









*) Ketentuan:
1 = jika siswa sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang terdapat pada aspek penilaian.
2 = jika siswa kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang terdapat pada aspek penilaian.
3 = jika siswa mulai konsisten memperlihatkan perlaku yang terdapat pada aspek peninalaian.
4 = jika siswa konsisten memperlihatkan perilaku yang terdapat pada aspek penilaian.
5 = jika siswa selalu memperlihatkan perilaku yang terdapat pada aspek penilaian .

Format Penilaian:

Nilai:  Jumlah Skor  x 100
                         25






Lampiran 4


INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR
Materi                          : Sel
Kelas   /Semester         : XI (Sebelas)/1
Hari /Tanggal              : Senin/11 Agustus 2014

No
Nama
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Bersemangat ketika Mengerjakan
Aktif Berpendapat
Serius ketika Mengerjakan
Bekerja Cepat
Duduk sesuai Kelompok




































*) Ketentuan:
1 = jika sangat tidak menampakkan aspek yang dinilai.
2 = jika tidak menampakkan aspek yang dinilai.
 3 = jika kurang menampakkan aspek yang dinilai.
4 = jika menampakkan aspek yang dinilai.
 5 = jika selalu menampakkan aspek yang dinilai.
Format Penilaian:
Nilai:  Jumlah Skor  x 100
                25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar