Jumat, 28 November 2014

RPP jaringan Hewan 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : M.A Al- Muhsin Metro
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                   : 4  ( 1x pertemuan)
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran

A.    Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.




B.     Kompetensi Dasar
3.4. Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan berdsarkan hasil pengamatan.
4.4. Menyajikan data tentang struktur anatomi jaringan pada hewan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada hewan terhadap bioproses yang berlangsung pada hewan.

C.    Indikator
1.      Mengetahui sistem jarinagn pada hewan yang meliputi jaringan embrional, epitel, otot, saraf.
2.      Memahami organ hewan berdasarkan letaknya luar dan dalam.
3.      Sistem tubuh pada vertebrata yang meliputi sistem intergumen, sirkulasi, pernafasan, ekskresi, pencernaan, skeleton, otot, reproduksi, dan saraf.
D.    Tujuan
1.      Siswa dapat mengetahui sistem jarinagn pada hewan yang meliputi jaringan embrional, epitel, otot, saraf.
2.      Siswa dapat memahami organ hewan berdasarkan letaknya luar dan dalam.
3.      Siswa dapat sistem tubuh pada vertebrata yang meliputi sistem intergumen, sirkulasi, pernafasan, ekskresi, pencernaan, skeleton, otot, reproduksi, dan saraf.

E.     Materi ajar
1.      Materi Fakta
a)      Berbagai gambar/foto/video berbagai struktur organ hewan.
b)      Dapat menunjukkan oragan yang terletak diluar pada bagian tubuh manusia, seperti tangan, kakai, hudung, mulut, telinga , mata.
2.      Materi Konsep
a)      Pengertian jaringan pada hewan.
b)      Fungsi jaringan pada hewan.
c)      Kegunaan fungsi jaringan pada hewan.
3.      Materi prinsip
a)      Jarinagan merupakan kumpulan dari sel-sel dari mahluk hidup.
b)      Jaringan otot terdiri dari otot polos otot lurik dan otot jantung.
c)      Hantaran rangsan dilakukan oleh jaringan saraf.
4.      Langkah Prosedur
a)      Langkah percobaan dpat dilakukan dengan pengamatan jaringan epitel pipih, kubus, silindris baik selapis dan berlapis menggunakan awetan yang tersedia.

F.     Metode Pembelajaran
1.      Cooperatif Learning
2.      Kajian pustaka
3.      Diskusi
4.      Eskperimen
5.      Penugasan/ kerja kelompok
G.    Model Pembelajaran
Picture and Picture
Langkah langkah model pembelajaran Picture and Picture (Agus.2009;125)
1.      Peserta didik dikelompokkan, masing masing kelompok terdiri dari 4 orang.
2.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diinginkan
3.      Guru memberikan materi penghantar sebelum kegiatan.
4.      Guru menyediakan gambar gambar yang akan di gunakan (berkaitan dengan materi)
5.      Guru menunjuk siswa secara bergilir untuk mengurutkan atau memasangkan gambar gambar yang ada.
6.      Guru memberikan pertanyaan mengenai alasan siswa dalam menentukan urutan gambar.
7.      Dari alasan tersebut guru mengembangkan materi dan menanamkan konsep materi yang sesuai dengan kompetensi yang ingin di capai.
8.      Guru memberi evaluasi dan di akhiri penutup.
H.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 4 (2x40menit)
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
keterangan
A.    Kegiatan Awal
1.      Guru memberikan dalam pembuka, menanyakan kabar siswa dan mengabsen.
  1. Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan kepada  siswa pelajaran yang dibahas sebelumnya.
  2. Guru menyampaikan ayat yang berhubunagan dengan sel. Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan diantara perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedangkan sebagian yang lain berjalan dengan empat kaki,........(An-Nur 45)
  3. Menulis topik yang akan dipelajari yaitu ‘jarinagn hewan’
  4. Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
15 menit
Tatap Muka
  1. Kegiatan Inti

1.      Mengamati
ü Menngamati gambar yang diberikan oleh guru. Yaitu gambar jaringan hewan

2.      Menanya
ü  Apakah jaringan?
ü  Bagaimana jaringan pada tumbuhan?

  1. Pengumpulan Data
ü Mengkaji literatur tentang struktur jaringan penyusun organ pada tumbuhan dari berbagai sumber berupa gambar dan keterangan  serta,  tentang struktur jaringan pembentuk organ pada hewan.
ü Mengkaji literatur tentang struktur jaringan penyusun organ hewan  dari berbagai sumber berupa gambar dan keterangan  serta,  tentang struktur  penyusun jaringan terkait dengan fungsinya di dalam tubuh  hewan 
  1. Mengasosiasi

ü  Melalui diskusi kelompok menyimpulkan hasil pengamatan tentang perbedaan jaringan jaringan epitel, jarinagn saraf dan jarinagn otot.
.
ü  Melalui diskusi kelompok menyimpulkan hasil pengamatan tentang   bentuk, letak dan fungsi jaringan hewan.
ü  Mengaitkan struktur jaringan tumbuhan fungsinya.

  1. Mengomunikasikan
ü  Melaporkan hasil kesimpulan berupa gambar, table atau laporan tertulis atau mempresentasikannya di depan kelas tentang struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan.

50 menit
Diskusi kelompok
  1. Kegiatan Akhir
1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi jaringan tumbuhan secara bersama sama.
2.      evaluasi
15
Menit
Tatap Muka

I.       Alat/Bahan/Sumber

1.      Buku biologi SMA kelas XI Arif Priadi, Yudistira Bab 1
2.      LKS
  1. Penilaian
1.      Tehnik Penilaian
·         Observasi Sikap, Koiknitif.
2.      Instrumen Penilaian
·         Penilaian Sikap Dalam Kelompok
·         Penilaian kognitif.




Guru pamong Biologi                                                             Guru Biologi



      Mislan                                                                      Syahid Mujibur Rahman


Mengetahui
Ka. MA Al. Muhsin


Eko Yulianto, S.Pd.I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar