Jumat, 28 November 2014

KRITERIA PENENTUAN KKM PER KOMPETENSI DASAR kurikulum 2013



KRITERIA PENENTUAN KKM PER KOMPETENSI DASAR

Nama Sekolah             : MA Al Muhsin
Kelas                           : XI
Pelajaran                      : Biologi

Kompetensi Inti

KI 1:Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

No
Kompetensi Dasar
KKM
Deskripsi Kriteria Penentuan KKM
1
3.1. Memahami  tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan

66.6
1.      Kompleksitas sedang hal ini melihat siswa memiliki penalaran dan kecermatan yang cukup baik, dengan waktu yang tidak terlalu lama dalam memahami materi pada KD 3.1.
2.      Sumber daya pendukung sedang hal ini dikarenakan tenaga pendidik berpendidikan strata 1 biologi yang sudah linier pada bidangnya, namun sarana seperti buku pelajaran sangan terbatas.
3.      Kemampuan rata-rata siswa sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(2+2+2)/9X100=66,6

3.2.Menganalisis berbagai proses pada sel yang meliputi: mekanisme transpor pada membran, difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan sintesis protein sebagai dasar pemahaman bioproses dalam sistem hidup.


66.6
1.      Kompleksitas sedang hal ini dekeranakan siswa harus memiliki penalaran dan kecermatan dalam menganalisis materi yang diberikan, selain itu juda membutuhkan waktuyang lama dan guru diwajibkan memiliki inovasi model pembelajaran yang tepat.
2.      Sumber daya pendukung sedang hal ini dikarenakan tenaga pendidik berpendidikan strata 1 biologi yang sudah linier pada bidangnya, namun sarana seperti buku pelajaran sangan terbatas.
3.      Kemampuan rata-rata siswa sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(2+2+2)/9 X100=66,6

3.3.Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.
77.7
1.      Tingkat kompleksitas tinggi hal ini dikarenakan pada KD 3.1 dan 3.2 sudah disampaikan engan inovasi pembelajaran yang tepat maka akan lebih mempersingkat waktu pembelajaran.
2.      Sumber daya pendukung sedang hal ini dikarenakan tenaga pendidik berpendidikan strata 1 biologi yang sudah linier pada bidangnya, namun sarana seperti buku pelajaran sangan terbatas namun tersedia proyektor sebagai media untuk mempermudah penyampaian pembelajaran oleh guru.
3.      Kemampuan rata-rata siswa sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(3+2+2)/9X100=77,7

3.4.Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan berdsarkan hasil pengamatan.
77.7
1.      Tingkat kompleksitas tinggi hal ini dikarenakan pada KD 3.1 dan 3.2 sudah disampaikan engan inovasi pembelajaran yang tepat maka akan lebih mempersingkat waktu pembelajaran.
2.      Sumber pendukung sedang, karena guru dapat memanfaatkan proyektor sebagai alat menyampaikan pembelajaran baik video yang terkait materi, walaupun siswa memiliki keterbatasan buku pembelajaran.
3.      Kemampuan rata-rata siswa sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(3+2+2)/9X100=77,7


3.5.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dan mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem gerak manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
77.7
1.      Tingkat kompleksitas sedang karena dalam penalaran siswa cukup baik denagn contoh anggota gerak individu seperti gerakan tangan, berjalan dal lain lain oleh siswa.
2.      Sumberdaya pendukung tinggi karena keterbatasan sarana berupa buku yang dimiliki siswa masih sangat sedikit,dan terdapat proyektor  sedangkan guru sudah baik dan lulusan yang linier.
3.      Kemampuan rata-rata siswa sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(2+3+2)/9X100=77.7

3.6.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi

55.5
1.      Tingkat kompleksitas tinggi, karena menuntut siswa untuk memahami dengan waktu yang cukup lama dan perlu pengulanagan, dengan penalaran yang tinggi siswa dapat memuntaskan materi pada KD 3.6.
2.      Daya dukung sedang, hal ini dilihat dari lulusan pendidik, dan terdapatnya proyektor sebagai sarana untuk memperjelas materi yang diberikan dengan video dan gambar tentang sirkulasi, walaupun siswa belum banyak yang memiliki buku pegangan.
3.      Kemampuan rata-rata siswa sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(1+2+2)/9 X100=55.5



3.7.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.

66.6
1.      Tingkat kompleksitas sedang dengan inovatif pendidik merancang pembelajaran, waktu pembelajaran tidak lama hal ini karena tingkat penalaran siswa cukup baik.
2.      Daya dukung sedang, karena terdapat proyektor dan guru pengajar sudah linier dengan mata pelajaran biologi.
3.      Kemampuan rata-rata siswa sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(2+2+2)/9X100=66,6


Guru Pamong Biologi                                                             Guru Biologi



                     Mislan                                                                   Syahid Mujibur Rahman



Mengetahui
Ka. MA Al. Muhsin



Eko Yulianto, S.Pd.I.










PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN
MATA PELAJARAN BIOLOGI


Nama Sekolah             : MA Al Muhsin
Kelas                           : XI
Pelajaran                      : Biologi

Kompetensi Inti

KI 1:Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

No
Kompetensi Dasar
KKM
Kreteria Pencapaian Ketuntasan
Kompleksitas
Intake Siswa
Daya Dukung
1
3.1.Memahami  tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan
66.6
2
2
2
2
3.2.Menganalisis berbagai proses pada sel yang meliputi: mekanisme transpor pada membran, difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan sintesis protein sebagai dasar pemahaman bioproses dalam sistem hidup.
66.6
2
2
2
3
3.3.Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.
77.7
3
2
2
4
3.4.Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan berdsarkan hasil pengamatan.
77.7
3
2
2
5
3.5.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dan mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem gerak manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
77.7
2
3
2
6
3.6.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi
55.5
1
2
2
7
3.7.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi
66.6
2
2
2
KKM Semester Ganjil
69,77





Guru Pamong Biologi                                                                Guru Biologi



                   Mislan                                                                     Syahid Mujibur Rahman


Mengetahui
Ka. MA Al. Muhsin


Eko Yulianto, S.Pd.I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar