RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester :
XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan :
1 ( 1x pertemuan)
Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
3.1. Memahami tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri
hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang
berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.
4.1. Menyajikan
model/charta/gambar/ yang merepresentasikan pemahamannya tentang struktur dan
fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Indikator
1. Menjelaskan teori tentang sel.
2. Menjelaskan komponen kimia penyusun sel.
3. Mengetahui struktur dan fungsi bagian bagian sel.
4. Mengetahui perbedan sel hewan dan sel tumbuhan.
A. Tujuan
1.
Siswa dapat menjelaskan
teori tentang sel.
2.
Siswa dapat menjelaskan
komponen kimia penyususn sel.
3.
Siswa dapat Mengetahui
struktur dan fungsi bagian-bagian sel.
4.
Siswa dapat Mengetahui perbedaan
sel hewan dan sel tumbuha
B. Materi pembelajaran
1.
Materi ajar
a)
Materi fakta
ü
Berbagai gambar/foto/video
berbagai contok sel hewan dan sel tumbuhan.
ü
Berbagai contoh sel
tumbuhan yang mudah di temukan seperti sel bawang merah, empelur singkong, dan
hidrylla sp.
b)
Materi Konsep
ü
Pengertian sel
ü
Sejarah penemuan sel oleh
para ahli.
ü
Manfaat mempelajari sel
bagi kehidupan.
c)
Materi Prinsip
ü
Sel merupakan unit terkecil
dari mahluk hidup
ü
Didalam sel terdapat
organela yang terdiri dari nukleus, Ribosom, Sitoskeleton, Badan Golgi,
Lisosom, Badan Mikro, Mitikondria, Silia/Flagel, Sentriol, Vakuola.
d)
Langkah Prosedur
ü
Langkah eksperimen
pengamatan sel dapat dilakukan dengan mikroskop dengan preparat dari lingkungan
sekitar, seperti daun Hydrilla sp, potongan bawang merah, dan Squamosa pipi.
C.
Metode Pembelajaran
1. Inquiry / discovery
2.
Cooperatif Learning
3.
Kajian pustaka
4.
Diskusi
5.
Eskperimen
6.
Penugasan/ kerja kelompok
D.
Kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke 1 (2x40 menit)
Kegiatan Pembelajran
|
Waktu
|
Keterangan
|
|
A. Kegiatn awal
1.
Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan kepada siswa tentang
sel.
2.
Siswa diminta mengidentifikasi benda yang
termasuk sel tumbuhan dan sel hewan.
3.
Memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan ‘siapakah
orang yang menemukan sel pertama kali dan bagaimana cara ilmuan tersebut
mengetahui sel?
4.
Guru mengaitkan materi dengan
ayat alquran Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati
(berasal) dari tanah (Al Mukminun:12)
5.
Menulis topik yang akan dipelajari yaitu ‘sel’
6.
Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
|
15 menit
|
Tatap muka
|
|
B.
Kegiatan Inti
1. Mengamati
Ø
Membaca literatur tentang komponen kimiawi penyusun sel, sebagai
tugas kelompok dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
Ø
Membaca literature atau
berbagai sumber tentang struktur sel prokariot, sel tumbuhan dan sel hewan
dengan hasil pengamatan menggunakan mikroskop electron
2. Menanya
Ø Mengapa sel
disebut sebagai unit struktural dan fungsional terkecil dari mahluk hidup?
Ø Apa ada
perbedaan antara sel-sel penyusun makhluk hidup?
Ø Proses apa yang
terjadi pada sel?
(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Rasa ingin tahu, Komunikatif);
3.
Pengumpulan
Data
Ø
Mengkaji literatur tentang
konsep sel sebagai unit terkecil , struktural dan fungsional dari mahluk
hidup, yaitu : struktur/susunan sel, aktivitas sel , seperti transport trans
membran, sintesa protein dalam hubungannya dengan pembentukan sifat
struktural dan fungsional serta reproduksi dalam proses pertumbuhan dan
perkembangan sel.
(nilai yang
ditanamkan: Tanggung Jawab,)
4.
Mengomunikasikan
Ø
Menyusun rangkuman dari kegiatan kelompok yang telah dilakukan, dan
mempersentasikan di depan kelas.
|
50 menit
|
Tatap muka
|
|
C.Kegiatan akhir
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi sel sebagai unit terkecil
dari mahluk hidup dan membedakan sel eurokariot dan prokariotik.
2. Evaluasi
|
15 menit
|
Tatap muka
|
|
E.
Alat/Bahan/Sumber
1. Buku biologi SMA kelas XI Arif Priadi, Yudistira Bab 1
2. Berbagai bahan pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan
3. LKS
F.
Penilaian
1.
Jenis/Teknik Peneliaian
ü
Observasi sikap, kognitif,
dan psikomotor.
2. Instrumen Penilaian
ü
Penilaian Sikap dalam
Kelompok.
ü
Penilaian Kognitif.
ü
Penilaian Psikomotor
Guru pamong
Biologi Guru
Biologi
Mislan
Syahid
Mujibur Rahman
Menegetahui
Ka. MA Al Muhsin
Eko
Yulianto, S.Pd.I.
Lampiran
1
Soal evaluasi
materi Sel
1.
Siapakah penemu sel pertama
kali dan pada tahun berapa?
2.
Sel merupakan unit terkecil
dari mahluk hidup. Mengapa dikatakan demikian?
3.
Sebutkan dan jelaskan
komponen kimiawi sel !
4.
Jelaskan perbedaan sel
prokariotik dan sel prokariotik !
5.
Sebutkan perbedan sel hewan dan sel tumbuhan !
Lampiran
2
INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF
Materi :
Sel
Kelas /Semester : XI
(Sebelas)/1
Hari /Tanggal : Senin/ 11 agustus 2014
KD
|
Indikator
|
Jenis penilaian
|
No soal
|
Kunci jawaban
|
Skor per Item soal
|
nilai
|
1.1. Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan,
organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.
1.2. Menyadari dan mengagumi
pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3. Peka dan peduli terhadap
permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai
manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
1. Menjelaskan teori tentang sel.
|
Essay tertulis
|
1-2
|
1.
Antonie van leeuwenhoeek
(1632-1829)
|
10
|
10
|
2. Karena sel merupakan penyusun dari tubuh mahluk hidup yang
paling kecil, seperti bangunan yang disusun oleh batu bata.
|
15
|
15
|
||||
3. Menjelaskan komponen kimia penyusun sel.
|
Essay tertulis
|
3
|
*air = sel mengandung 85-95 air, air merupakan pelarutdan
media difusi yang paling baik untuk proses metabolisme.
*Biomolekul = terbagi 2 mikro dan makromilekul.dapat
sebagai enzim seperti protein, energi seperti karbohidrat
*mineral dan ion= penyusun daripada sel seperti magnesium salah satu penyusun
dinding sel tanaman yang menyebabkan sel menjadi utuh
|
35
|
35
|
|
4. Mengetahui struktur dan fungsi bagian bagian sel
|
Essay tertulis
|
4
|
Sel prokariotik = tidak memiliki nukleus melainkan
nekleolid (inti sel sederhana tanpa selaput inti)
Sel eukariotik = terdapat pengorganisasian yang jelas
atau pemisah organel yang jelas
|
20
|
20
|
|
5. Mengetahui perbedan sel hewan dan sel tumbuhan.
|
Essay tertulis
|
5
|
Sel hewan tidak memiliki kloroplas dan vakuola sedangkan
sel tumbuhan tidak memiliki lisosom dan sentriol
|
20
|
20
|
|
Jumlah
|
100
|
Lampiran
3
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP DALAM KELOMPOK
Materi :
Sel
Kelas/Semester : XI (Sebelas)/I
Hari/Tanggal :
Senin/ 11 Agustus 2014
No
|
Nama
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Menghargai Pendapat
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Ketentuan:
1 = jika siswa sangat kurang konsisten memperlihatkan
perilaku yang terdapat pada aspek penilaian.
2 = jika siswa kurang konsisten memperlihatkan perilaku
yang terdapat pada aspek penilaian.
3 = jika siswa mulai konsisten memperlihatkan perlaku
yang terdapat pada aspek peninalaian.
4 = jika siswa konsisten memperlihatkan perilaku yang
terdapat pada aspek penilaian.
5 = jika siswa selalu memperlihatkan perilaku yang
terdapat pada aspek penilaian .
Format Penilaian:
Nilai:
Jumlah Skor x 100
25
Lampiran
4
INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR
Materi :
Sel
Kelas /Semester : XI
(Sebelas)/1
Hari /Tanggal : Senin/11 Agustus 2014
No
|
Nama
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
Bersemangat ketika Mengerjakan
|
Aktif Berpendapat
|
Serius ketika Mengerjakan
|
Bekerja Cepat
|
Duduk sesuai Kelompok
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Ketentuan:
1 = jika sangat tidak menampakkan aspek yang dinilai.
2 = jika tidak menampakkan aspek yang dinilai.
3 = jika kurang
menampakkan aspek yang dinilai.
4 = jika menampakkan aspek yang dinilai.
5 = jika selalu
menampakkan aspek yang dinilai.
Format
Penilaian:
Nilai: Jumlah Skor
x 100
25
Tidak ada komentar:
Posting Komentar