RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : M.A Al- Muhsin Metro
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan : 4 ( 1x
pertemuan)
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A.
Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.4. Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada
jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan berdsarkan hasil pengamatan.
4.4. Menyajikan data tentang struktur
anatomi jaringan pada hewan berdasarkan hasil pengamatan untuk menunjukkan
pemahaman hubungan antara struktur dan fungsi jaringan pada hewan terhadap
bioproses yang berlangsung pada hewan.
C.
Indikator
1. Mengetahui sistem jarinagn pada hewan yang meliputi jaringan
embrional, epitel, otot, saraf.
2. Memahami organ hewan berdasarkan letaknya luar dan dalam.
3. Sistem tubuh pada vertebrata yang meliputi sistem intergumen,
sirkulasi, pernafasan, ekskresi, pencernaan, skeleton, otot, reproduksi, dan
saraf.
D.
Tujuan
1. Siswa dapat mengetahui sistem jarinagn pada hewan yang meliputi
jaringan embrional, epitel, otot, saraf.
2. Siswa dapat memahami organ hewan berdasarkan letaknya luar dan
dalam.
3. Siswa dapat sistem tubuh pada vertebrata yang meliputi sistem
intergumen, sirkulasi, pernafasan, ekskresi, pencernaan, skeleton, otot,
reproduksi, dan saraf.
E.
Materi ajar
1.
Materi Fakta
a) Berbagai gambar/foto/video berbagai struktur organ hewan.
b) Dapat menunjukkan oragan yang terletak diluar pada bagian tubuh manusia,
seperti tangan, kakai, hudung, mulut, telinga , mata.
2.
Materi Konsep
a) Pengertian jaringan pada hewan.
b) Fungsi jaringan pada hewan.
c) Kegunaan fungsi jaringan pada hewan.
3.
Materi prinsip
a) Jarinagan merupakan kumpulan dari sel-sel dari mahluk hidup.
b) Jaringan otot terdiri dari otot polos otot lurik dan otot
jantung.
c) Hantaran rangsan dilakukan oleh jaringan saraf.
4.
Langkah Prosedur
a) Langkah percobaan dpat dilakukan dengan pengamatan jaringan
epitel pipih, kubus, silindris baik selapis dan berlapis menggunakan awetan
yang tersedia.
F.
Metode Pembelajaran
1. Cooperatif Learning
2. Kajian pustaka
3. Diskusi
4. Eskperimen
5. Penugasan/ kerja kelompok
G.
Model Pembelajaran
Picture
and Picture
Langkah langkah model pembelajaran Picture
and Picture (Agus.2009;125)
1. Peserta didik dikelompokkan, masing masing kelompok terdiri dari
4 orang.
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang
diinginkan
3. Guru memberikan materi penghantar sebelum kegiatan.
4. Guru menyediakan gambar gambar yang akan di gunakan (berkaitan
dengan materi)
5. Guru menunjuk siswa secara bergilir untuk mengurutkan atau
memasangkan gambar gambar yang ada.
6. Guru memberikan pertanyaan mengenai alasan siswa dalam
menentukan urutan gambar.
7. Dari alasan tersebut guru mengembangkan materi dan menanamkan
konsep materi yang sesuai dengan kompetensi yang ingin di capai.
8. Guru memberi evaluasi dan di akhiri penutup.
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 4 (2x40menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
keterangan
|
A. Kegiatan Awal
1. Guru memberikan dalam pembuka, menanyakan kabar siswa dan
mengabsen.
|
15 menit
|
Tatap Muka
|
1.
Mengamati
ü
Menngamati gambar yang
diberikan oleh guru. Yaitu gambar jaringan hewan
2.
Menanya
ü Apakah
jaringan?
ü Bagaimana
jaringan pada tumbuhan?
ü
Mengkaji literatur tentang
struktur jaringan penyusun organ pada tumbuhan dari berbagai sumber berupa
gambar dan keterangan serta, tentang struktur jaringan pembentuk organ
pada hewan.
ü
Mengkaji literatur tentang
struktur jaringan penyusun organ hewan
dari berbagai sumber berupa gambar dan keterangan serta,
tentang struktur penyusun
jaringan terkait dengan fungsinya di dalam tubuh hewan
ü Melalui
diskusi kelompok menyimpulkan hasil pengamatan tentang perbedaan
jaringan jaringan epitel,
jarinagn saraf dan jarinagn otot.
.
ü Melalui
diskusi kelompok menyimpulkan hasil pengamatan tentang bentuk, letak dan fungsi jaringan hewan.
ü Mengaitkan
struktur jaringan tumbuhan fungsinya.
ü Melaporkan hasil kesimpulan berupa gambar, table
atau laporan tertulis atau mempresentasikannya di depan kelas tentang
struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan.
|
50 menit
|
Diskusi kelompok
|
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi jaringan tumbuhan secara
bersama sama.
2. evaluasi
|
15
Menit
|
Tatap Muka
|
I.
Alat/Bahan/Sumber
1. Buku biologi SMA kelas XI Arif Priadi, Yudistira Bab 1
2. LKS
- Penilaian
1. Tehnik Penilaian
·
Observasi Sikap, Koiknitif.
2. Instrumen Penilaian
·
Penilaian Sikap Dalam
Kelompok
·
Penilaian kognitif.
Guru pamong
Biologi Guru
Biologi
Mislan Syahid
Mujibur Rahman
Mengetahui
Ka.
MA Al. Muhsin
Eko Yulianto, S.Pd.I.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar