PROGRAM TAHUNAN
MADRASAH ALIYAH AL MUHSIN KOTA METRO
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Program : XI/ MIPA
Tahun Pelajaran : 2014/2015
No
|
Kompetensi
Inti/ Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Sub Materi Pokok
|
Aloaksi Waktu
|
Keterangan
|
1
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang
terjadi pada mahluk hidup.
1.2.Menyadari dan mengagumi pola
pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3.Peka dan peduli terhadap
permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai
manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
|
|
|
2
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
2.1.Berperilaku ilmiah: teliti,
tekun, jujur
terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam
observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli
lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif
dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan
pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar
kelas/laboratorium.
2.2.Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja
saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di
lingkungan sekitar.
|
|
|
|
3
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
3.1.Memahami tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri
hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang
berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan
3.2.Menganalisis berbagai proses
pada sel yang meliputi: mekanisme transpor pada membran, difusi, osmosis,
transpor aktif, endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan sintesis
protein sebagai dasar pemahaman bioproses dalam sistem hidup.
3.3.Menerapkan konsep tentang
keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi
organ pada tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.
3.4.Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan
antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan
berdsarkan hasil pengamatan.
3.5.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem gerak dan mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga
dapat menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi
pada sistem gerak manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan
simulasi.
3.6.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya
sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi
yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur,
pengamatan, percobaan, dan simulasi.
3.7.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan
bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan
fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi
literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
3.8.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem respirasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya
sehingga dapat menjelaskan proses pernapasan serta gangguan fungsi yang
mungkin terjadi pada sistem respirasi manusia melalui studi literatur,
pengamatan, percobaan, dan simulasi.
3.9.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem ekskresi dan mengaitkannya dengan proses ekskresi
sehingga dapat menjelaskan mekanisme serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem ekskresi manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi.
3.10.
Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkannya dengan proses koordinasi
sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi
dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem
koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
3.11.
Mengevaluasi
pemahaman diri tentang bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya
terhadap kesehatan diri, lingkungan, dan masyarakat.
3.12.
Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya
dalam proses reproduksi manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi
3.13.
Menerapkan
pemahaman tentang prinsip reproduksi manusia untuk menanggulangi pertambahan
penduduk melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas
hidup SDM melalui pemberian ASI ekslusif.
3.14.
Mengaplikasikan
pemahaman tentang prinsip-prinsip sistem immun untuk meningkatkan kualitas
hidup manusia dengan kekebalan yang dimilikinya melalui program immunisasi
sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh.
|
1. Sel
a. Teori sel
b. Pengamatan sel
c. Komponen kimia sel
d. Struktur dan fungsi bagian bagian sel.
e. Mekanisme transpor pada membran plasma.
2. Jaringan Tumbuhan dan Hewan
a. Jaringan tumbuhan
b. Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
c. Struktur organ tumbuhan
d. Jaringan hewan
e. Struktur dan fungsi jarinagn hewan
f. Organ hewan
g. Pemanfaatan pengetahuan tentang jaringan hewan
3. Sistem gerak
a. Sistem rangka
b. Jaringan penyusun sistem rangka
c. Sambungan antar tulang
d. Klasifikasi rangka
e. Sistem otot
f. Struktur otot
g. Jenis jaringan otot
h. Mekanisme kontraksi otot
i.
Energi untuk kontraksi
otot
j.
Gangguan pada sistem
gerak
k. Gangguan pada tulang
l.
Gangguan pada persendian
m. Gangguan pada otot
4. Sistem peredaran darah
a. Jantung
b. Struktur dan anatomi jantung
c. Lintasan darah didalam jantung
d. Cara kerja jantung
e. Tekanan darah
f. Pembuluh darah
g. Darah
h. Struktur dan komposisi darah
i.
Fungsi darah
j.
Golongan darah
k. Gangguan pada sistem peredaran darah manusia.
5. Sistem pencernaan makanan
a. Sistem pencernaan pada manusia
b. Sistem pencernaan makanan ruminansia.
c. Gangguan pada sisitem pencernaan manusia
d. Makanan bergizi
e. Fungsi makanan
f. Zat makanan
g. Zat adiktif
6. Sisitem respirasi
a. Sistem respirasi manusia
b. Alat alat respirasi
c. Mekanisme respirasi
d. Volume udara pernafasan
e. Frekuensi pernafasan
f. Gangguan pada sistem respirasi
g. Respirasi pada hewan
h. Respirasi pada ikan
i.
Respirasi pada burung
7. Sistem ekskresi
a. Sistem ekskresi manusia
b. Organ ekskresi
c. Gangguan pada sistem ekskresi manusia
d. Sisitem ekskresi hewan
e. Ekskresi pada belalang
f. Ekskresi pada cacing tanah
g. Ekskresi pada ikan
8. Sistem koordinasi
a. Sistem saraf pada manusia
b. Sistem saraf pusat
c. Sistem saraf tepi
d. Sistem endikrin manusia
e. Klasifikasi hormon
f. Macam macam jaringan dan penyusun sisitem endokrin
g. Indra manusia
h. Gangguan pada sistem regulasi manusia
i.
Gangguan sistem saraf
j.
Gangguan indra
9. Sistem reproduksi
a. Organ reproduksi pria
b. Organ reeproduksi wanita
c. Fertilisasi
d. Kehamilan
e. Melahirkan
f. Laktasi dan keutamaan asi
g. Pengontrolan kehamilan
h. Kesehatan reproduksi
i.
Gangguan pada sisitem
reproduksi manusia
10. Sistem kekebalan tubuh
a. Struktur anatomi dan komponen sisitem kekebalan
b. Makrofak
c. Limfosit
d. Reseptor antigen
e. Sel sel pengangkut antigen
f. Antibodi
g. Imunisasi
h. Kelainan pada sistem kekebalan tubuh
i.
Alergi
j.
Aids
k. Penyakit autoimun
|
10 JP
10 JP
10 JP
10 JP
12 JP
6 JP
6 JP
6 JP
6 JP
6 JP
|
4 jam tatap muka dan piostest
pada pertemuan kedua
5 jam tatap muka dan 1 jam
evaluasi materi jarinagn tumbuhan dan hewan
5 jam tatap muka dan 1 jam evaluasi bab sisitem gerak
5 jam tatap muka dan 1 jam
evaluasi bab sistem peredaran darah
11 jam tatap muka dan 1 jam
evaluasi bab siistem pencernaan manusia
5 jam tatap muka dan 1 jam
evaluasi bab sistem respirasi
5 jam tatap muka dan 1 jam
evaluasi bab sistem ekskresi.
5 jam tatap muka dan 1 jam
evaluasi bab sistem koordinasi
5 jam tatap muka dan 1 jam
evaluasi sisitem reproduksi
5 jam tatap muka dan 1 jam
evaluasi bab sistem kekebalan tubuh
|
Guru
Pamong Guru
Biologi
Mislan Syahid Mujibur Rahman
Mengetahui
Kepala Sekolah
Eko Yulianto, S.Pd.i
Tidak ada komentar:
Posting Komentar