Jumat, 28 November 2014

RPP Sistem Rangka 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                   : 5 (1x pertemuan)
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran (2x40 menit)

A.    Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.





B.     Kompetensi Dasar
3.5. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dan mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem gerak manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi
4.5. Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan gerak yang menyebabkan gangguan sistem gerak manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.

C.    Indikator
1.      Mengetahui sistem rangka
2.      Mengetahui fungsi sistem rangka
3.      Memahami penyusun sistem rangka
4.      Mengetahui proses pembentuka sistem rangka, sambungan antar tulang dan klasifikasi ramgka
5.      Memahami struktur otot dan jenis jaringan otot.
6.      Mengetahui mekanisme kontraksi otot.
7.      Mengetahui pada sistem gerak meliputi gangguan pada tulang, persendiandan pada otot.
D.    Tujuan
1.        Siswa dapat mengetahui sistem rangka
2.         Siswa dapat mengetahui fungsi sistem rangka
3.        Siswa dapat memahami penyusun sistem rangka
4.        Siswa dapat mengetahui proses pembentuka sistem rangka, sambungan antar tulang dan klasifikasi ramgka.
5.        Siswa dapat memahami struktur otot dan jenis jaringan otot.
6.        Siswa dapat mengetahui mekanisme kontraksi otot.
7.        Siswa dapat mengetahui pada sistem gerak meliputi gangguan pada tulang, persendiandan pada otot.


E.     Materi Ajar
1.      Materi fakta
a)      Berbagai gambar/foto/video sistem gerak meliputi tulang, sendi, dan otot.
b)      Tulang merupakan alat gerak pasif dan otot merupakan alat gerak aktif.
2.      Materi konsep
a)      Pengertian sistem gerak
b)      Fungsi sistem gerak aktif dan gerak pasif.
c)      Manfaat gerakan pada sendi-sendi tulang
3.      Materi prinsip
a)      Hewan dan manusia memiliki bentuk karena adanya sistem rangka yang menopang.
b)      Otot menempel pada tulang agar terjadinya gerakan oleh bagian bagian tubuh.
4.      Langkah prosedur
a)      Langkah pengamatan sistem gerak dapat melihat gerakan pada tangan secara langsung.
b)      Melakukan pengamatan mikriskopis jaringan tulang menggunakan awetan

F.     Metode Pembelajaran
1.      Cooperatif Learning
2.      Kajian pustaka
3.      Diskusi
4.      Eskperimen
5.      Penugasan/ kerja kelompok

G.    Model  Pembelajaran
Talking Stick
Lanhkah langkah model pembelajaran Talking Stick (Slavin 1995)
1.    Guru menyiapkan tongkat
2.    Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan membpelajari materi.
3.    Setelah siswa membacanya, siswa menutup buku yang dibacanya.
4.    Guru mengambil tongkat dan memberikan kepda siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawab.
5.    Guru dan siswa menyimpulkan
6.    Evaluasi
7.    Penutup.

H.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 3 (2x40 menit)
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
keterangan
A.    Kegiatan Awal
1.      Guru memberikan dalam pembuka, menanyakan kabar siswa dan mengabsen.
2.      Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan kepada  siswa pelajaran yang dibahas sebelumnya.
3.      Guru menyampaikan ayat yang berhubunagan dengan sel. Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging ituKami jadikan Tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging..............(QS Al Mukminun:14)
4.      Menulis topik yang akan dipelajari yaitu ‘sistem gerak’
Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar


B.     Kegiatan Inti
1.      Mengamati
ü  Mengamati suatu gambar otot dan  tulang.

2.      Menanya
ü  Mengapa bisa terjadi patah pada tulang?
ü  Apa penyusun tulang dan bagaimana hubungan antara penyusun dengan fungsinya?

3.      Mengumpulkan Data (Eksperimen/Ekplorasi)
ü  Membaca literatur yang telah ada dan relevan.
ü  Mendemonstrasikan berbagai cara kerja otot dan sendi dengan berbagai cara gerakan oleh beberapa siswa. .
ü  Mengamati struktur sel penyusun jaringan tulang.

4.      Mengasosiasikan

ü  Menhubungkan hasil pengamatan struktur tulang dengan pola makan rendah kalsium, proses menyusui dan menstruasi serta menyimpulkan fungsi kalsium dalam system gerak
ü  Menganalisis jenis gerakan dan organ gerak yang berfungsi dalam berbagai kegiatan gerak yang dilakukan/diperagakan, misalnya : lencang depan, membengkokan /meluruskan kaki/tangan, menggeleng/menunduk/menengadah, jongkok, menggeliat, menengadah dan menelungkupkan telapak tangan,   dll
ü  Mengaitkan proses-proses gerak yang dilakukan dengan kelainan yang mungkin terjadi.

5.      Mengkomunikasikan

ü  Menyampaikan secara lisan hasil pembelajaran yang dilakukan dan mengevaluasi ketercapaian pemahaman diri tentang struktur dan fungsi sel pada jaringan penyusun tulang.


C.    Kegiatan Ahir
1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi jaringan tumbuhan secara bersama sama.
2.      evaluasi




I.       Alat/Bahan/Sumber
1.      Buku biologi SMA kelas XI Arif Priadi, Yudistira Bab 1
2.      LKS
  1. Penilaian
1.      Tehnik Penilaian
·         Observasi Sikap, Koiknitif.
2.      Instrumen Penilaian
·         Penilaian Sikap Dalam Kelompok
·         Penilaian kognitif.



Guru pamong Biologi                                                             Guru Biologi



      Mislan                                                                      Syahid Mujibur Rahman


Mengetahui
Ka. MA Al. Muhsin


Eko Yulianto, S.Pd.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar