RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan : 5 (1x pertemuan)
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2x40 menit)
A.
Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
3.5. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem gerak dan mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga
dapat menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi
pada sistem gerak manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan
simulasi
4.5. Menyajikan
hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan gerak yang
menyebabkan gangguan sistem gerak manusia melalui berbagi bentuk media
presentasi.
C.
Indikator
1. Mengetahui sistem rangka
2. Mengetahui fungsi sistem rangka
3. Memahami penyusun sistem rangka
4. Mengetahui proses pembentuka sistem rangka, sambungan antar
tulang dan klasifikasi ramgka
5. Memahami struktur otot dan jenis jaringan otot.
6. Mengetahui mekanisme kontraksi otot.
7. Mengetahui pada sistem gerak meliputi gangguan pada tulang,
persendiandan pada otot.
D.
Tujuan
1.
Siswa dapat mengetahui
sistem rangka
2.
Siswa dapat mengetahui fungsi sistem rangka
3.
Siswa dapat memahami
penyusun sistem rangka
4.
Siswa dapat mengetahui
proses pembentuka sistem rangka, sambungan antar tulang dan klasifikasi ramgka.
5.
Siswa dapat memahami
struktur otot dan jenis jaringan otot.
6.
Siswa dapat mengetahui
mekanisme kontraksi otot.
7.
Siswa dapat mengetahui pada
sistem gerak meliputi gangguan pada tulang, persendiandan pada otot.
E.
Materi Ajar
1.
Materi fakta
a) Berbagai gambar/foto/video sistem gerak meliputi tulang, sendi,
dan otot.
b) Tulang merupakan alat gerak pasif dan otot merupakan alat gerak
aktif.
2.
Materi konsep
a) Pengertian sistem gerak
b) Fungsi sistem gerak aktif dan gerak pasif.
c) Manfaat gerakan pada sendi-sendi tulang
3.
Materi prinsip
a) Hewan dan manusia memiliki bentuk karena adanya sistem rangka
yang menopang.
b) Otot menempel pada tulang agar terjadinya gerakan oleh bagian
bagian tubuh.
4.
Langkah prosedur
a) Langkah pengamatan sistem gerak dapat melihat gerakan pada
tangan secara langsung.
b) Melakukan pengamatan mikriskopis jaringan tulang menggunakan
awetan
F.
Metode Pembelajaran
1. Cooperatif Learning
2. Kajian pustaka
3. Diskusi
4. Eskperimen
5. Penugasan/ kerja kelompok
G.
Model Pembelajaran
Talking Stick
Lanhkah langkah model pembelajaran
Talking Stick (Slavin 1995)
1. Guru menyiapkan tongkat
2. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian
memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan membpelajari materi.
3. Setelah siswa membacanya, siswa menutup buku yang dibacanya.
4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepda siswa, setelah itu
guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus
menjawab.
5. Guru dan siswa menyimpulkan
6. Evaluasi
7. Penutup.
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 3 (2x40 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
keterangan
|
A. Kegiatan Awal
1. Guru memberikan dalam pembuka, menanyakan kabar siswa dan
mengabsen.
2. Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan kepada siswa pelajaran yang dibahas sebelumnya.
3.
Guru
menyampaikan ayat yang berhubunagan dengan sel. Kemudian air mani itu Kami
jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging,
dan segumpal daging ituKami jadikan Tulang belulang, lalu tulang belulang itu
Kami bungkus dengan daging..............(QS Al Mukminun:14)
4. Menulis topik yang akan dipelajari yaitu ‘sistem gerak’
Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
|
|
|
B. Kegiatan Inti
1. Mengamati
ü Mengamati suatu gambar otot dan tulang.
2. Menanya
ü Mengapa bisa terjadi patah pada tulang?
ü Apa penyusun tulang dan bagaimana hubungan antara
penyusun dengan fungsinya?
3. Mengumpulkan
Data (Eksperimen/Ekplorasi)
ü Membaca
literatur yang telah ada dan relevan.
ü Mendemonstrasikan berbagai cara kerja otot dan sendi
dengan berbagai cara gerakan
oleh beberapa siswa. .
ü Mengamati struktur sel penyusun jaringan tulang.
4. Mengasosiasikan
ü Menhubungkan hasil pengamatan struktur tulang dengan
pola makan rendah kalsium, proses menyusui dan menstruasi serta menyimpulkan
fungsi kalsium dalam system gerak
ü Menganalisis jenis gerakan dan organ gerak yang
berfungsi dalam berbagai kegiatan gerak yang dilakukan/diperagakan, misalnya
: lencang depan, membengkokan /meluruskan kaki/tangan,
menggeleng/menunduk/menengadah, jongkok, menggeliat, menengadah dan menelungkupkan telapak tangan, dll
ü Mengaitkan
proses-proses gerak yang dilakukan dengan kelainan yang mungkin terjadi.
5. Mengkomunikasikan
ü Menyampaikan secara lisan hasil pembelajaran yang
dilakukan dan mengevaluasi ketercapaian pemahaman diri tentang struktur dan
fungsi sel pada jaringan penyusun tulang.
|
|
|
C.
Kegiatan Ahir
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi jaringan tumbuhan secara
bersama sama.
2. evaluasi
|
|
|
I.
Alat/Bahan/Sumber
1. Buku biologi SMA kelas XI Arif Priadi, Yudistira Bab 1
2. LKS
- Penilaian
1.
Tehnik Penilaian
·
Observasi Sikap, Koiknitif.
2.
Instrumen Penilaian
·
Penilaian Sikap Dalam
Kelompok
·
Penilaian kognitif.
Guru pamong
Biologi Guru
Biologi
Mislan Syahid
Mujibur Rahman
Mengetahui
Ka.
MA Al. Muhsin
Eko Yulianto, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar