Jumat, 28 November 2014

RPP Sistem Peredaran darah 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan                   : 6-7 (2x pertemuan)
Alokasi Waktu            : 4 jam pelajaran (4x40 menit)

A.    Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
3.6. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
4.6. Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem peredaran darah manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.

C.     Indikator
1.      Mengetahui sistem peredaran darah
2.      Memahami struktur anatomi jantung.
3.      Memahami lintasan darah didalam jantung.
4.      Memahami jalur peredaran darah
5.      Menegtahui struktur dan komposisi darah.
6.      Menjelaskan fungsi darah, golongan darah, dan  transfusi darah.
7.      Menegtahui gangguan pada sisitem peredaran darah manusia.
D.    Tujuan
1.      Mengetahui sistem peredaran darah
2.      Memahami struktur anatomi jantung.
3.      Memahami lintasan darah didalam jantung.
4.      Memahami jalur peredaran darah
5.      Menegtahui struktur dan komposisi darah.
6.      Menjelaskan fungsi darah, golongan darah, dan  transfusi darah.
7.      Menegtahui gangguan pada sisitem peredaran darah manusia.
E.     Materi ajar
1.      Materi fakta
a)      Berbagai gambar/ foto/ video peredaran darah manusia yang meliputu peredaran besar dan peredaran darah kecil.
b)      Darah merupakan alat tranportasi untuk mengantarkan oksigen dan sari makanan.
c)      Sel darah tidak memiliki inti sel (nukleus).
2.      Materi konsep
a)      Penertian sistem sirkulasi pada manusi.
b)      Manfaat menegtahui gangguan dalam sistem sirkulasi pada manusia dan mencegahnya.
3.      Materi prinsip
a)      Darah dipompa oleh organ jantung ke seluruh tubuh.
b)      Darah berbentuk cair dan tidak berinti berbeda dengan sel0sel lanya yang selalu berinti.
4.      Langkah prosedur
a)      Pengamatan tekanan darah dapat dilakukan dengan alat tensimeter untu menetahui tekanan darah, dapat dilakukan sesama siswa dengan bimbingan guru.
F.      Metode Pengajaran
1.      Cooperatif Learning
2.      Kajian pustaka
3.      Diskusi
4.      Eskperimen
5.      Penugasan/ kerja kelompok

G.    Model Pembelagaran
Cooperative Script
Langkah-langkah model pembelajaran Cooperative Script
1.      Guru membagi siswa untuk berpasangan
2.      Guru membagi wacana atau materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
3.      Guru dan siswa menetapkan siapasiapa yang pertama kali berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
4.      Pembicara membacakan ringkasan selengkap mungkin, dengan memasikkan ide-ide pokok dalam ringkasanya.
Sementara pendengar:
a.       Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap.
b.      Membantu mengingat/menghafal ide ide pokok dengan menghubungkan materisebelumnya atau dengan materi lainya.
5.      Bertukaran peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, dan melakukan langkah langkah di atas.
6.      Kesimpulan guru bersama dengan siswa.
7.      Penutup.
H.    Gegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 6 -7 (4x40 menit)
Kegiatan Pembelajaran
waktu
Keterangan
A.    Kegiatan Awal
1.      Guru memberikan dalam pembuka, menanyakan kabar siswa dan mengabsen.
2.      Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan kepada  siswa pelajaran yang dibahas sebelumnya. Dan sesunguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikan oleh hatinya, dan kami lebih dekat padanya daripada urat lehernya (Q.S Qoof: 16)
3.      Guru menyampaikan ayat yang berhubunagan dengan peredaran darah.
4.      Menulis topik yang akan dipelajari yaitu ‘sistem peredaran darah’
Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
15
Tatap  muka
B.     Kegaitan Inti
1.      Mengamati
ü  Mengamati gambar jaringan darah.
2.      Menanya
ü  Apa komponen darah dan fungsinya?
ü  Bagaimana dapat disirkulasikan ke seluruh tubuh dan melakukan fungsinya?
3.      Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
ü  Mengkaji literatur tentang struktur, dan fungsi sel darah, golongan darah, plasma darah, dari berbagai sumber dan melalui diskusi kelompok hubungan antara struktur,  jumlah, dan fungsi bagian-bagian darah, dan proses peredaran darah serta kelainan yang mungkin terjadi pada sistem peredaran darah.
4.      Mengasosiasikan
ü  Mengaitkan struktur dan fungsi sel darah dengan berbagai kelainan pada peredaran darah.
5.      Mengkomunikasikan
ü  Menyampaikan hasil diskusi dari literatur yang sudah di diskusikan pada kelompok.

50
Diskusi kelompok
C.    Kegaitan ahir
1.      Guru dan siswa menyimpulkan sirkulasi darah yang telah di pelajari
2.      Evaluasi

15
Tatap muka

I.       Alat/Bahan/Sumber
1.      Buku biologi SMA kelas XI Arif Priadi, Yudistira Bab 1
2.      Berbagai bahan pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan
3.      LKS
  1. Penilaian
1.      Jenis/Teknik Peneliaian
ü  Observasi sikap, kognitif, dan psikomotor.
2. Instrumen Penilaian
ü  Penilaian Sikap dalam Kelompok.
ü  Penilaian Kognitif.
ü  Penilaian Psikomotor

Guru pamong Biologi                                                             Guru Biologi


     Mislan                                                                       Syahid Mujibur Rahman

Menegetahui
Ka. MA Al Muhsin

Eko Yulianto, S.Pd.I.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar