RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan : 6-7 (2x pertemuan)
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (4x40 menit)
A.
Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.6. Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dan
mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme
peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem
sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
4.6. Menyajikan
hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung dan
pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem peredaran darah manusia melalui
berbagi bentuk media presentasi.
C. Indikator
1. Mengetahui sistem peredaran darah
2. Memahami struktur anatomi jantung.
3. Memahami lintasan darah didalam jantung.
4. Memahami jalur peredaran darah
5. Menegtahui struktur dan komposisi darah.
6. Menjelaskan fungsi darah, golongan darah, dan transfusi darah.
7. Menegtahui gangguan pada sisitem peredaran darah manusia.
D. Tujuan
1. Mengetahui sistem peredaran darah
2. Memahami struktur anatomi jantung.
3. Memahami lintasan darah didalam jantung.
4. Memahami jalur peredaran darah
5. Menegtahui struktur dan komposisi darah.
6. Menjelaskan fungsi darah, golongan darah, dan transfusi darah.
7. Menegtahui gangguan pada sisitem peredaran darah manusia.
E. Materi ajar
1. Materi fakta
a) Berbagai gambar/ foto/ video peredaran darah manusia yang
meliputu peredaran besar dan peredaran darah kecil.
b) Darah merupakan alat tranportasi untuk mengantarkan oksigen dan
sari makanan.
c) Sel darah tidak memiliki inti sel (nukleus).
2. Materi konsep
a) Penertian sistem sirkulasi pada manusi.
b) Manfaat menegtahui gangguan dalam sistem sirkulasi pada manusia
dan mencegahnya.
3. Materi prinsip
a) Darah dipompa oleh organ jantung ke seluruh tubuh.
b) Darah berbentuk cair dan tidak berinti berbeda dengan sel0sel
lanya yang selalu berinti.
4. Langkah prosedur
a) Pengamatan tekanan darah dapat dilakukan dengan alat tensimeter
untu menetahui tekanan darah, dapat dilakukan sesama siswa dengan bimbingan
guru.
F. Metode Pengajaran
1. Cooperatif Learning
2. Kajian pustaka
3. Diskusi
4. Eskperimen
5. Penugasan/ kerja kelompok
G. Model Pembelagaran
Cooperative
Script
Langkah-langkah
model pembelajaran Cooperative Script
1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru membagi wacana atau materi tiap siswa untuk dibaca dan
membuat ringkasan.
3. Guru dan siswa menetapkan siapasiapa yang pertama kali berperan
sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
4. Pembicara membacakan ringkasan selengkap mungkin, dengan
memasikkan ide-ide pokok dalam ringkasanya.
Sementara pendengar:
a. Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang
lengkap.
b. Membantu mengingat/menghafal ide ide pokok dengan menghubungkan
materisebelumnya atau dengan materi lainya.
5. Bertukaran peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi
pendengar dan sebaliknya, dan melakukan langkah langkah di atas.
6. Kesimpulan guru bersama dengan siswa.
7. Penutup.
H. Gegiatan Pembelajaran
Pertemuan
ke 6 -7 (4x40 menit)
Kegiatan Pembelajaran
|
waktu
|
Keterangan
|
A. Kegiatan Awal
1. Guru memberikan dalam pembuka, menanyakan kabar siswa dan
mengabsen.
2. Guru memberikan apersepsi dengan menanyakan kepada siswa pelajaran yang dibahas sebelumnya. Dan sesunguhnya Kami telah menciptakan
manusia dan mengetahui apa yang dibisikan oleh hatinya, dan kami lebih dekat
padanya daripada urat lehernya (Q.S Qoof: 16)
3.
Guru
menyampaikan ayat yang berhubunagan dengan peredaran darah.
4. Menulis topik yang akan dipelajari yaitu ‘sistem peredaran
darah’
Menyebutkan tujuan pembelajaran yang harus dicapai dalam belajar
|
15
|
Tatap
muka
|
B. Kegaitan Inti
1. Mengamati
ü Mengamati gambar jaringan darah.
2. Menanya
ü Apa komponen darah dan fungsinya?
ü Bagaimana dapat disirkulasikan ke seluruh tubuh dan
melakukan fungsinya?
3. Mengumpulkan
Data (Eksperimen/Eksplorasi)
ü Mengkaji literatur tentang struktur, dan fungsi
sel darah, golongan darah, plasma darah, dari berbagai sumber dan melalui
diskusi kelompok hubungan antara struktur,
jumlah, dan fungsi bagian-bagian darah, dan proses peredaran darah
serta kelainan yang mungkin terjadi pada sistem peredaran darah.
4. Mengasosiasikan
ü Mengaitkan struktur dan fungsi sel darah dengan
berbagai kelainan pada peredaran darah.
5. Mengkomunikasikan
ü
Menyampaikan hasil diskusi dari literatur yang sudah di
diskusikan pada kelompok.
|
50
|
Diskusi kelompok
|
C.
Kegaitan ahir
1. Guru dan siswa menyimpulkan sirkulasi darah yang telah di
pelajari
2. Evaluasi
|
15
|
Tatap muka
|
I.
Alat/Bahan/Sumber
1. Buku biologi SMA kelas XI Arif Priadi, Yudistira Bab 1
2. Berbagai bahan pengamatan sel hewan dan sel tumbuhan
3. LKS
- Penilaian
1.
Jenis/Teknik Peneliaian
ü
Observasi sikap, kognitif,
dan psikomotor.
2.
Instrumen Penilaian
ü
Penilaian Sikap dalam
Kelompok.
ü
Penilaian Kognitif.
ü
Penilaian Psikomotor
Guru pamong
Biologi Guru
Biologi
Mislan Syahid
Mujibur Rahman
Menegetahui
Ka.
MA Al Muhsin
Eko Yulianto, S.Pd.I.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar