KRITERIA PENENTUAN KKM PER KOMPETENSI DASAR
Nama Sekolah :
MA Al Muhsin
Kelas :
XI
Pelajaran :
Biologi
Kompetensi Inti
KI 1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
No
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Deskripsi Kriteria Penentuan KKM
|
1
|
3.1. Memahami tentang komponen
kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh struktur,
fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil
kehidupan
|
66.6
|
1.
Kompleksitas sedang hal
ini melihat siswa memiliki penalaran dan kecermatan yang cukup baik, dengan
waktu yang tidak terlalu lama dalam memahami materi pada KD 3.1.
2.
Sumber daya pendukung
sedang hal ini dikarenakan tenaga pendidik berpendidikan strata 1 biologi
yang sudah linier pada bidangnya, namun sarana seperti buku pelajaran sangan
terbatas.
3.
Kemampuan rata-rata siswa
sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(2+2+2)/9X100=66,6
|
|
3.2.Menganalisis berbagai proses
pada sel yang meliputi: mekanisme transpor pada membran, difusi, osmosis,
transpor aktif, endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan sintesis
protein sebagai dasar pemahaman bioproses dalam sistem hidup.
|
66.6
|
1.
Kompleksitas sedang hal
ini dekeranakan siswa harus memiliki penalaran dan kecermatan dalam
menganalisis materi yang diberikan, selain itu juda membutuhkan waktuyang
lama dan guru diwajibkan memiliki inovasi model pembelajaran yang tepat.
2.
Sumber daya pendukung
sedang hal ini dikarenakan tenaga pendidik berpendidikan strata 1 biologi
yang sudah linier pada bidangnya, namun sarana seperti buku pelajaran sangan
terbatas.
3.
Kemampuan rata-rata siswa
sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(2+2+2)/9 X100=66,6
|
|
3.3.Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan
antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan
berdasarkan hasil pengamatan.
|
77.7
|
1.
Tingkat kompleksitas
tinggi hal ini dikarenakan pada KD 3.1 dan 3.2 sudah disampaikan engan
inovasi pembelajaran yang tepat maka akan lebih mempersingkat waktu
pembelajaran.
2.
Sumber daya pendukung
sedang hal ini dikarenakan tenaga pendidik berpendidikan strata 1 biologi
yang sudah linier pada bidangnya, namun sarana seperti buku pelajaran sangan
terbatas namun tersedia proyektor sebagai media untuk mempermudah penyampaian
pembelajaran oleh guru.
3.
Kemampuan rata-rata siswa
sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(3+2+2)/9X100=77,7
|
|
3.4.Menerapkan
konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur sel pada jaringan hewan
dengan fungsi organ pada hewan berdsarkan hasil pengamatan.
|
77.7
|
1.
Tingkat kompleksitas
tinggi hal ini dikarenakan pada KD 3.1 dan 3.2 sudah disampaikan engan
inovasi pembelajaran yang tepat maka akan lebih mempersingkat waktu
pembelajaran.
2.
Sumber pendukung sedang,
karena guru dapat memanfaatkan proyektor sebagai alat menyampaikan
pembelajaran baik video yang terkait materi, walaupun siswa memiliki
keterbatasan buku pembelajaran.
3.
Kemampuan rata-rata siswa
sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(3+2+2)/9X100=77,7
|
|
3.5.Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem gerak dan
mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme gerak
serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem gerak manusia melalui
studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
77.7
|
1.
Tingkat kompleksitas
sedang karena dalam penalaran siswa cukup baik denagn contoh anggota gerak
individu seperti gerakan tangan, berjalan dal lain lain oleh siswa.
2.
Sumberdaya pendukung
tinggi karena keterbatasan sarana berupa buku yang dimiliki siswa masih
sangat sedikit,dan terdapat proyektor sedangkan guru sudah baik dan lulusan yang
linier.
3.
Kemampuan rata-rata siswa
sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(2+3+2)/9X100=77.7
|
|
3.6.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ
pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat
menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi
|
55.5
|
1.
Tingkat kompleksitas
tinggi, karena menuntut siswa untuk memahami dengan waktu yang cukup lama dan
perlu pengulanagan, dengan penalaran yang tinggi siswa dapat memuntaskan
materi pada KD 3.6.
2.
Daya dukung sedang, hal
ini dilihat dari lulusan pendidik, dan terdapatnya proyektor sebagai sarana
untuk memperjelas materi yang diberikan dengan video dan gambar tentang
sirkulasi, walaupun siswa belum banyak yang memiliki buku pegangan.
3.
Kemampuan rata-rata siswa
sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(1+2+2)/9 X100=55.5
|
|
3.7.Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan
mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan
proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem
pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan
simulasi.
|
66.6
|
1.
Tingkat kompleksitas
sedang dengan inovatif pendidik merancang pembelajaran, waktu pembelajaran
tidak lama hal ini karena tingkat penalaran siswa cukup baik.
2.
Daya dukung sedang,
karena terdapat proyektor dan guru pengajar sudah linier dengan mata
pelajaran biologi.
3.
Kemampuan rata-rata siswa
sedang, dilihat dari nilai tes semester sebelumnya dan tugas pritest.
KKM=(2+2+2)/9X100=66,6
|
Guru Pamong Biologi Guru
Biologi
Mislan Syahid
Mujibur Rahman
Mengetahui
Ka.
MA Al. Muhsin
Eko Yulianto, S.Pd.I.
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN
MATA PELAJARAN BIOLOGI
Nama Sekolah : MA Al Muhsin
Kelas : XI
Pelajaran : Biologi
Kompetensi Inti
KI 1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
No
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Kreteria
Pencapaian Ketuntasan
|
||
Kompleksitas
|
Intake Siswa
|
Daya Dukung
|
|||
1
|
3.1.Memahami tentang
komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang ditunjukkan oleh
struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit
terkecil kehidupan
|
66.6
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3.2.Menganalisis berbagai proses
pada sel yang meliputi: mekanisme transpor pada membran, difusi, osmosis,
transpor aktif, endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan sintesis
protein sebagai dasar pemahaman bioproses dalam sistem hidup.
|
66.6
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3.3.Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur
sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan
hasil pengamatan.
|
77.7
|
3
|
2
|
2
|
4
|
3.4.Menerapkan konsep tentang keterkaitan hubungan antara struktur
sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan berdsarkan hasil
pengamatan.
|
77.7
|
3
|
2
|
2
|
5
|
3.5.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ
pada sistem gerak dan mengaitkan dengan bioprosesnya sehingga dapat
menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada
sistem gerak manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan
simulasi.
|
77.7
|
2
|
3
|
2
|
6
|
3.6.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ
pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat
menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi
|
55.5
|
1
|
2
|
2
|
7
|
3.7.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ
pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya
sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang
mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur,
pengamatan, percobaan, dan simulasi
|
66.6
|
2
|
2
|
2
|
KKM Semester Ganjil
|
69,77
|
|
|
|
Guru Pamong Biologi Guru
Biologi
Mislan Syahid
Mujibur Rahman
Mengetahui
Ka. MA Al. Muhsin
Eko
Yulianto, S.Pd.I.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar