Analisis/ Pemetaan KI-KD
Nama Sekolah : MA Al Muhsin
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas : XI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi dasar
|
Ranah tingkatan KD
|
Indikator pencapaian
|
Tingkat ranah IP
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
3.1 Memahami
tentang komponen kimiawi penyusun sel, ciri hidup pada sel yang
ditunjukkan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel
sebagai unit terkecil kehidupan
3.2 Menganalisis berbagai proses pada sel yang meliputi:
mekanisme transpor pada membran, difusi, osmosis, transpor aktif,
endositosis, dan eksositosis, reproduksi, dan sintesis protein sebagai dasar
pemahaman bioproses dalam sistem hidup.
|
C1
|
|
C1
C1
C1
C1
|
a. Teori sel
b. Pengamatan sel
c. Komponen kimia sel
d. Struktur dan fungsi bagian bagian sel.
e. Mekanisme transpor pada membran plasma.
|
10 JP
|
3.3.Menerapkan konsep tentang keterkaitan
hubungan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada
tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan.
3.4.Menerapkan konsep tentang keterkaitan
hubungan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada
hewan berdsarkan hasil pengamatan.
|
C2
|
1.
Menegetahui struktur dan fungsi bagian sel.
2.
Menjelaskan fungsi dari organela sel
3.
Menjelaskan transpor pada membran plasma.
4.
Menegtahui perbedaan difusu dan osmosis dalam mekanisme
transpor sel.
|
C1
C1
C1
C2
|
2.
Jaringan Tumbuhan dan Hewan
a. Jaringan tumbuhan
b. Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
c. Struktur organ tumbuhan
d. Jaringan hewan
e. Struktur dan fungsi jarinagn hewan
f. Organ hewan
g. Pemanfaatan pengetahuan tentang jaringan hewan
|
10 JP
|
3.5.Menganalisis hubungan antara struktur
jaringan penyusun organ pada sistem gerak dan mengaitkan dengan bioprosesnya
sehingga dapat menjelaskan mekanisme gerak serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem gerak manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi.
|
C2
|
1. Mengetahui sistem rangka
2. Mengetahui fungsi sistem rangka
3. Memahami penyusun sistem rangka
4. Mengetahui proses pembentuka sistem rangka, sambungan
antar tulang dan klasifikasi ramgka
5. Memahami struktur otot dan jenis jaringan otot.
6. Mengetahui mekanisme kontraksi otot.
7. Membedakan pada sistem gerak meliputi gangguan pada
tulang, persendiandan pada otot.
|
C1
C1
C1
C1
C1
C1
C2
|
3.
Sistem gerak
a.
Sistem rangka
b.
Jaringan penyusun sistem rangka
c.
Sambungan antar tulang
d.
Klasifikasi rangka
e.
Sistem otot
f.
Struktur otot
g.
Jenis jaringan otot
h.
Mekanisme kontraksi otot
i.
Energi untuk kontraksi otot
j.
Gangguan pada sistem gerak
k.
Gangguan pada tulang
l.
Gangguan pada persendian
m.
Gangguan pada otot
|
10 JP
|
3.6.Menganalisis hubungan antara struktur jaringan
penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya
sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi
yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur,
pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
C1
|
1. Mengetahui sistem peredaran darah
2. Memahami struktur anatomi jantung.
3. Memahami lintasan darah didalam jantung.
4. Memahami jalur peredaran darah
5. Menegtahui struktur dan komposisi darah.
6. Menegtahui gangguan pada sisitem peredaran darah manusia.
7. Membedakan fungsi darah, golongan darah, dan transfusi darah.
|
C1
C1
C1
C1
C1
C1
C2
|
4.
Sistem peredaran darah
a.
Jantung
b.
Struktur dan anatomi jantung
c.
Lintasan darah didalam jantung
d.
Cara kerja jantung
e.
Tekanan darah
f.
Pembuluh darah
g.
Darah
h.
Struktur dan komposisi darah
i.
Fungsi darah
j.
Golongan darah
k.
Gangguan pada sistem peredaran
darah manusia.
|
10 JP
|
3.7.Menganalisis hubungan antara struktur
jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan
nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta
gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui
studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
C3
|
1.
Menjelaskan sistem pencernaan manusia
2.
Mencirikan tanda tanda gangguan pada sistem pencernaan.
3.
Mengaitkan antara makanan yang baik dengan kesehatan sistem pencernaan
manusia.
|
C1
C2
C3
|
5.
Sistem pencernaan makanan
a.
Sistem pencernaan pada manusia
b.
Sistem pencernaan makanan
ruminansia.
c.
Gangguan pada sisitem
pencernaan manusia
d.
Makanan bergizi
e.
Fungsi makanan
f.
Zat makanan
g.
Zat adiktif
|
12 JP
|
Guru Pamong Guru
Biologi
Mislan Syahid
Mujibur Rahman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar