Rabu, 16 Juli 2014

Sejarah IKAHIMBI (Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia)




TEMPAT MUNAS V IKAHIMBI 4-8 DESEMBER 2013

Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (Ikahimbi) merupakan sebuah ikatan organisasi mahasiswa sejenis (IOMS) yang mewadahi seluruh Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) yang terdapat di seluruh Indonesia. Ikahimbi dibentuk atas dasar keinginan bersama seluruh mahasiswa biologi di Indonesia untuk mengembangkan dan memajukan biologi serta untuk melaksanakan tridharma Perguruan Tinggi.

Organisasi mahasiswa biologi tingkat nasional berdiri pada tahum 1993 dengan nama Ikatan Mahasiswa Biologi (IMABI). Kepengurusan IMABI berganti setiap dua tahun sekali. Selanjutnya pada bulan September 2001 di Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, IMABI berganti nama menjadi Jaringan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (JHMBI). Nama IMABI berganti menjadi JHMBI karena organisasi ini menyatukan mahasiswa Biologi di semua perguruan tinggi seluruh Indonesia melalui perantara himpunan mahasiswa biologi di setiap perguruan tinggi di Indonesia.
Dalam perkembangannya, JHMBI terkedala berbagai permasalahan terutama komunikasi dan koordinasi. Selain itu, juga terjadi krisis kepemimpinan di pertengahan masa kepengurusan. Dari berbagai permasalahan yang timbul, muncul kesepakatan bersama untuk melaksanakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang dilaksanakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada tanggal 28 september - 01 Oktober 2003. Hasil dari pertemuan tersebut dianggap belum sempurna. Dengan nama “jaringan” belum ada kepemimpinan tunggal di dalam organisasi yang mengakibatkan kepemimpinan organisasi menjadi semu. Akhirnya dalam Munas III JHMBI (selanjutnya disebut Munas I Ikahimbi) tanggal 6-8 Desember 2006 bertempat di Universitas Mataram, JHMBI berganti nama menjadi Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (Ikahimbi) dengan dipimpin oleh seorang sekretaris jendral.
Pada Munas I Ikahimbi tersebut, terpilih Edi Arip Miharja (mahasiswa Departemen Biologi, Fakultas MIPA, Institut Pertanian Bogor, IPB) sebagai sekretaris jendral pertama untuk kepengurusan Ikahimbi periode 2005-2007. Pada periode tersebut, markas Ikahimbi bertempat di IPB.  Amanah sekjend Ikahimbi periode 2007-2009 ditunaikan oleh Saevul Amri (mahasiswa Biologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta) yang terpilih melalui Munas II Ikahimbi pada tanggal 5-6 Desember 2007 di Institut Pertanian Bogor. Amanah sekretaris jenderal periode 2009-2011 diemban oleh Machfud Efendi (mahasiswa Universitas Negeri Malang, Malang) yang terpilih pada Munas III Ikahimbi yang dilaksanakan pada tanggal 30 Desember 2009 – 5 Januari 2010 di Universitas Manado. Saat ini, amanah sekjend ikahimbi diemban oleh Kardi Sambanoa (Universitas Tadulako-Palu) yang terpilih pada Munas IV Ikahimbi yang dilaksanakan pada tanggal, 14 November – Minggu, 20 November 2011 di Universitas Tadulako, Palu.
Dalam menjalankan tugasnya Sekjend dibantu oleh oleh 3 wakil sekretaris jenderal, meliputi Wasekjend I yang mengkoordinasi Biro Sekretariatan dan Biro Keuangan, Wasekjend II membidangi Departemen Penalaran dan Keilmuan dan Departemen Penelitian dan Pengembangan, serta Wasekjend III untuk Departemen Kajian Strategi Kebijakan, Departemen Pengembangan Organisasi dan Kaderisasi serta Depertemen Jaringan Informasi dan Komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar