Minggu, 28 Desember 2014

PROFIL AMPIBI UM METRO



PROFIL AMPIBI UM METRO
Oleh: Syahid Mujibur Rahman



Asosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi (AMPIBI) merupakan sebuah organisasi prodi biologi yang membawahi seluruh mahasiwa biologi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung. AMPIBI dibentuk dengan tujuan sebagai salah satu wadah mahasiswa yang mengupayakan serta memfassilitasi pendidikan biologi demi kemajuan prestasi anggota biologi, serta memiliki sifat kemahasiswaan, kekeluargaan, kemasyarakatan dan gotong royong.

Asosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi (AMPIBI) berdiri pada tanggal 15 Juli 1997 dengan waktu yang tidak ditentukan yang didirikan di Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung. Pimpinan AMPIBI membawahi seluruh angkatan pada program studi pendidikan biologi yang dipilih dari perwakilan dari setiap angkatan oleh anggota,yang selanjutnya disebut sebagai ketua AMPIBI. Syarat menjadi ketua ialah sekurang-kurangnya sedang atau telah menempuh pendidikan pada program studi pendidikan biologi selama 3 (tiga) semester. Sudah menjalankan Darul Arkom Dasar (DAD), dengan masa jabatanselama 1 (satu) tahun.
Asosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi (AMPIBI) Membina mahasiswa pendidikan biologi sesuai dengan asas dan tujuan AMPIBI serta tidak bertentangan dengan qoidah yang berlaku di Universitas Muhammdiyah Metro.  Menciptakan mahasiswa bilogi yang kreatif, inovatif dan produktif, melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan biologi sesuai dengan asas dan tujuan AMPIBI.
Keanggotaan AMPIBI terdiri dari 2 (dua) yaitu angggota biasa dan anggota istimewa. Anggota biasa adalah para mahasiwa program studi pendidikan Biologi yang sedang menempuh studi diUniversitas Muhamadiyah Metro. Sedangkan anggota istimewa adalah anggota  AMPIBI yang telah mencapai gelas kesarjanaan program studi pendidikan Biologi di Universitas Muhammadiyah Metro dan Dewan Pengawa Organisasi (DPO)/Dewan Penasehat (DP). DPO/DP adalah mahasiswa yang telah purna tugas kepengurusan AMPIBI selama satu tahun dan selanjutnya mengawasi kinerja kepengurusan selanjutnya dengan masa jabatan 1 (satu) tahun.
Asosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi (AMPIBI) dengan usianya yang ke 17 tahun barulah resmi menjadi anggota Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (IKAHIMBI) pada tanggal 6 Desember 2013 pada Musyawarah Nasinonal (MUNAS) yang ke V di Universitas Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan yang berlangsung dari tanggal 4-8 Desember 2013. AMPIBI menirim delegasinya sebanyak 2 (dua) mahasiswa yaitu Ahmad Fatoni (Ketua Umum AMPIBI 2013/2014) dan Syahid Mujibur Rahman (Bendahara Umum AMPIBI 2013/2014. Dengan bergabungnya AMPIBI maka sudahlah terjawab apa yang dicita-citakan pendahulu AMPIBI terdahulu.
Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (IKAHIMBI) pada tanggal 19 Oktober 2014 telah mengeluarkan surat keputusan (SK) Badan Pengurus Pusat (BPP) IKAHIMBI nomor: 01/SK/BPP/IKAHIMBI/2013-2015/X/2014 yang memberikan kepaercayaan kepada anggota AMPIBI untuk menjadi salah satu pengurus pusat IKAHIMBI pada Departemen Informasi dan Komunikasi, Divisi Eksternal atas nama Syahid Mujibur Rahman (angkatan 2011) untuk masa jabatan 2013-2015. Masuknya anggota AMPIBI telah memperkuat pengakuan IKAHIMBI atas AMPIBI sebagai anggotanya walaupun masih 1 (satu) tahun bergabung. Dibawah ini merupakan identitas AMPIBI UM Metro, Lampung.
Nama HMJ      :Asosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi (AMPIBI)
Alamat                        : JL. Kihajar Dewantara 15A No.116 Kota Metro
email                : ampibiummetro1@gmail.com
ID FaceBook  : Ampibi
email FB          :ampibiummetro1@gmail.com
Groups Fb         : Asosiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi (AMPIBI) UM Metro, Lampung
Universitas      : Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar