Kamis, 11 April 2013

HEWAN POIKILOTERM

http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRpK3f5vN58q3bUgpv8XJCxF83VyCzqqASkp07rCHOVNQeNsm9jxw 
NAMA                   : SYAHID MUJIBUR RAHMAN
KELAS        : BIOLOGI “ B ”
KELOMPOK : SATU ( 1 )
HEWAN POIKILOTERM

Pengertian poikiloterm adalah sama dengan pengertian hewan berdarah dingin. Arti kata poikiloterm adalah hewan yang suhu tubuhnya kira-kira sama dengan suhu lingkungan di sekitarnya. Suhu tubuh hewan poikiloterm dipengaruhi oleh lingkungan. Suhu tubuh bagian dalam lebih tinggi dibandingkan dengan suhu tubuh luar. Yang termasuk dalam poikiloterm adalah bangsa ikan, reptil, dan amfibi.
Perubahan suhu sesuai dengan suhu lingkungan di sekitarnya disebabkan oleh jantung ikan, reptil, dan amfibi memiliki sekat antar ventrikel kanan dan kiri tidak sempurnya yang menyebabkan terjadinya percampuran darah (menumpuk). Otomatis suhu badan tidak teratur.
Kata poikiloterm (bahasa Inggris: poikilotherm) berasal dari bahasa Yunani Kuno ‘poikilos’ yang berarti ‘bervariasi’ dan ‘thermos’ yang berarti ‘suhu’.
Mekanisme pengaturan suhu tubuh merupakan penggabungan fungsi dari organ-organ tubuh yang saling berhubungan. Di dalam tubuh hewan yang hidup selalu terjadi proses metabolisme. Dengan demikian selalu dihasilkan panas, karena tidak semua energi yang terbentuk dari metabolisme dimanfaatkan. Panas yang terbentuk dibawa oleh darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh menjadi panas dan disebut sebagai suhu tubuh. Poikiloterm adalah golongan hewan yang suhu tubuhnya dipengaruhi oleh lingkungan atau berubah sesuai suhu lingkungan. Suhu tubuh bagian dalamnya lebih tinggi dibandingkan dengan suhu tubuh luar (Anto, 2012).
Hewan berdarah dingin (ektoterm) berarti suhu tubuhnya menyesuaikan dengan kondisi lingkungan, sementara hewan berdarah panas (endotermik) memiliki suhu tubuh internal yang relatif tetap oleh mekanisme homeostatis. Istilah berdarah dingin dan berdarah panas sebenarnya tidak terlalu tepat karena istilah berdarah dingin bukan berarti hewan tersebut secara harfiah memiliki darah yang dingin, melainkan istilah ini mengacu pada temperatur tubuh yang bervariasi menyesuaikan dengan faktor lingkungan. Nama lain untuk ektoterm adalah poikiloterm, yang berarti hewan dengan suhu tubuh bervariasi. Hewan berdarah dingin merupakan jenis mayoritas yang mencakup semua invertebrata, reptil, serta amfibi. Hanya mamalia dan burung, kelompok hewan yang berdarah panas. Perbedaan utama antara hewan berdarah panas dan hewan berdarah dingin adalah hewan berdarah panas membutuhkan sekitar 3-10 kali lebih banyak makanan dari hewan berdarah dingin untuk bertahan hidup (Bumbata, 2013).
Jangkring sering dijadikan sebagai thermometer suhu udara alami karena hewan berdarah dingin menjalankan fungsi tubuh mereka lebih cepat pada temperatur lebih tinggi. Derik jangkrik dirancang untuk menyesuaikan diri secara langsung dengan suhu pada lingkungannya (Anonim, 2012). Suara jangkrik tercipta dari gesekan antar sayap dengan beberapa bagian tubuh lainnya. Tidak semua jangkrik yang dapat mengeluarkan bunyi mengerik, hanya jangkrik jantan saja yang dapat melakukannya untuk menarik perhatian jangkrik betina. Semakin sering suara jangkrik terdengar, semakin panas suhu lingkungan saat itu (Pramudiarja, 2010). Hal tersebut terjadi sebaliknya, samakin jarang suara jangkrik terdengar, semakin dingin suhu lingkungan saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar